USB 3.2 Capai Kecepatan 20 Gbps

Versi terbaru kabel USB Type-C, USB 3.2 memiliki kecepatan dua kali lipat kabel USB Type-C. Kabel USB 3.1 memiliki kecepatan 5Gbps dan bisa beroperasi pada kecepatan 10Gbps. Sementara kabel USB 3.2 memiliki kecepatan 10Gbps dan bisa beroperasi hingga kecepatan 20Gbps.

Sayangnya untuk merasakan manfaat maksimal kabel itu, kedua perangkat yang ada di kedua ujung kabel harus perangkat baru yang mendukung teknologi kabel itu. Alasan di balik peningkatan kecepatan ini adalah USB Type-C memiliki fitur yang menarik. Jenis USB ini tidak hanya berfungsi sebagai pengirim sinyal USB, tapi bisa digunakan untuk protokol lain seperti Thunderbolt 3 dan DisplayPort.

Kedua protokol itu bisa menggunakan port dan kabel yang sama. Untuk mendukung fleksibilitas, port dan kabel memiliki empat pasang kawat digunakan untuk pengiriman data berkecepatan tinggi. Sementara beberapa protokol seperti Thunderbolt 3, menggunakan keempat kawat itu sekaligus. USB 3.1 hanya menggunakan dua di antaranya. Satu pasang kawat untuk mengirim data, satu pasang kawat untuk menerima data. Dua lainnya tidak digunakan.

USB 3.2 memampukan kabel USB menggunakan keempat pasang kawat ini sekaligus. Hal ini membuat kinerjanya naik dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Spesifikasi USB 3.2 sepenuhnya diharapkan selesai pada September 2017.

 

 

Sumber: arstechnica.com

 

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi USB 3.2 Capai Kecepatan 20 Gbps
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna