Google Gunakan Kecerdasan Buatan Untuk Edit Foto Secara Profesional

Ada kekuatiran jika kelak robot akan menggantikan manusia dalam bidang pekerjaan tertentu. Akan tetapi, pada bidang pekerjaan lain, robot akan susah menggantikan manusia. Contohnya di bidang kreatif seperti seni karena bersifat subyektif. Kecerdasan buatan/ artificial inteligence (AI) mungkin susah menggantikan manusia di bidang ini. Tapi berkat Google, hal ini sepertinya bisa diatasi.

Perusahaan itu baru-baru ini mengadakan sebuah percobaan di mana mereka ingin melihat bagaimana Ai belajar konsep subyektif seperti seni. Oleh karena itu mereka menciptakan AI yang meniru sistem kerja seorang fotografer profesional. AI itu menggunakan panorama landscape dari Google Street View dan mengedit foto-fotonya seperti yang dilakukan fotografer profesional.

Dari foto dalam artikel ini, foto bagian atas adalah hasil akhir dari editing AI itu. Sementara bagian bawahnya adalah foto dari Street View. Jika kita melihatnya sekilas, maka seolah foto bagian atas adalah hasil editan fotografer profesional.

Hal ini berarti Google berhasil mengajari mesin itu apa yang dianggap bagus bagi manusia terkait editan foto. Google bahkan meminta para fotografer profesional untuk menilai foto hasil editan AI itu. Sebanyak 40 persen fotografer menganggap jika hasil editan itu merupakan hasil editan fotografer dengan level semi-pro hingga profesional.

 

 

Sumber: Ubergizmo.

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Google Gunakan Kecerdasan Buatan Untuk Edit Foto Secara Profesional
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna