Apa Itu Hard Disk PATA?

Parallel Advanced Technology Attachment (PATA) adalah jenis hard disk pertama. Tampilan antar muka PATA menjadi tampilan standard untuk menghubungkan komputer dengan komputer. Perangkat-perangkat yang bisa dihubungkan dengan PATA disebut sebagai Integrated Drive Electronics (IDE) dan Enhanced Integrated Drive Electronics (EIDE) drives.

PATA pertama kali diperkenalkan oleh Western Digital pada 1986. Di dalam PATA terdapat teknologi tampilan antar muka umum untuk menghubungkan hard disk dengan perangkat lain di dalam komputer. Tingkat transfer data bisa mencapai 133MB/s dan ada maksimal dua perangkat bisa dihubungkan dengan PATA. Kebanyakan motherboard memiliki dua channel. Jadi total ada 4 perangkat EIDE yang bisa dihubungkan secara internal.

Perangkat-perangkat itu terbuat dari 40 atau 80 kabel pita yang mentransfer data secara simultan secara paralel. Hard disk jenis ini menyimpan data menggunakan magnet. Struktur internal terbuat dari bagian-bagian mekanik yang bergerak. PATA lantas digantikan oleh Serial ATA (SATA).

 

 

Sumber: turbofuture.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apa Itu Hard Disk PATA?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna