Memahami Dark Web dan Penggunaannya

Dark web adalah bagian dari world wide web (WWW) yang memerlukan software khusus untuk mengaksesnya. Begitu kita berada di dalamnya, situs dan layanan lain bisa diakses lewat sebuah browser sama halnya dengan web normal.

Akan tetapi, beberapa situs tersembunyi secara efektif, dalam arti mereka tidak terindeks oleh mesin pencari dan hanya bisa diakses jika Anda tahu alamatnya. Pasar-pasar khusus beroperasi di dalam dark web disebut “darknet markets” yang biasanya menjual produk-produk ilegal seperti obat terlarang dan senjata api, dibayar dengan cryptocurrency Bitcoin.

Karena dark web biasanya benar-benar anonim, tempat ini menjadi pilihan favorit untuk kelompok-kelompok yang ingin tetap tersembunyi dari pemerintah dan badan penegak hukum. Di satu sisi, dark web digunakan oleh para whistleblower untuk berkomunikasi dengan para wartawan. Tapi sayangnya dark web lebih sering dipakai untuk teroris, kelompok pedofil dan para kriminal untuk menjaga rahasia mereka.

Ada beberapa cara mengakses dark web, termasuk menggunakan Tor, Freenet dan I2P. Dari semuanya itu, yang paling populer adalah Tor (awalnya disebut The Onion Router), karena memiliki paket software yang paling mudah digunakan. Dalam paket Tor tersedia versi Firefox yang telah dikonfigurasi khusus untuk menggunakan Tor.


Sumber: IFLScience.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Memahami Dark Web dan Penggunaannya
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna