Mengenal Jenis-Jenis Malware pada Sistem Komputer

Sebelumnya kita sudah membahas perbedaan malware dan virus komputer. Kita juga sudah beberapa kali belajar tentang ransomware. Sekarang kita akan belajar jenis-jenis malware selain virus komputer.

-Adware

Adware juga dikenal sebagai advertising-supported software. Software ini memunculkan iklan dengan tujuan untuk menghasilkan uang untuk pembuatnya. Iklan ini muncul di layar saat diinstal pertama kali. Adware diprogram untuk melihat situs yang sering dikunjungi pengguna dan kemudian memunculkan iklan serupa atau berkaitan. Tidak semua adware itu jahat, tapi adware menjadi masalah karena mengganggu kinerja komputer dan bisa menjengkelkan.

-Spyware

Spyware adalah software jahat yang mematai-matai kita, melacak aktivitas penggunaan internet. Software ini digunakan untuk menolong para hacker mengumpulkan informasi tentang sistem komputer korban, tanpa sepengetahuan korban. Kehadiran spyware biasanya tersembunyi dari komputer dan sangat sulit dideteksi. Beberapa spyware seperti keylogger bisa diinstal secara sengaja oleh organisasi untuk mengawasi aktivitas pegawainya.

-Worms

Worms adalah jenis malware yang menggandakan diri dan merusak informasi dan file yang tersimpan di komputer. Sofware ini memakan file sistem operasi dan file data yang tersimpan di hard disk.

-Trojan

Trojan adalah jenis virus yang didesain untuk membuat pengguna berpikir jika mereka adalah program yang aman dan menginstalnya. Trojan mungkin diprogram untuk mencuri data pribadi dan informasi finansial dan lalu mengambil alih sumber daya file sistem komputer pengguna. Dalam sistem yang besar, trojan berusaha membuat sistem pusat atau sumber jaringan tidak tersedia untuk mereka yang berusaha meraihnya.

 




Sumber: antivirus.comodo.com

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Mengenal Jenis-Jenis Malware pada Sistem Komputer
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna