Mengenal APIPA (Automatic Private IP Addressing)

 
APIPA kependekan dari Automaic Private IP Addressing, sebuah fitur sistem operasi Windows baru. Fitur itu ditujukan untuk pelaku bisnis kecil yang biasanya memiliki 25 klien atau kurang. Dengan APIPA, klien DHCP bisa secara otomatis mengkonfigurasi sendiri sebuah alamat IP dan subnet mask di mana sebuah DHCP server tidak tersedia. Saat klien DHCP booting, maka klien akan melihat server DHCP untuk meraih alamat IP dan subnet mask.

Jika klien tidak bisa menemukan informasi itu, klien akan menggunakan APIPA untuk secara otomatis mengkonfigurasi sendiri dengan sebuah alamat IP. Alamat IP beragam mulai dari 169.254.0.1 hingga 169.254.255.254. Klien juga mengkonfigurasi dirinya dengan subnet mask default class B 255.255.0.0. Sebuah klien menggunakan alamat IP yang terkonfigurasi sendiri sampai server DHCP tersedia.

Layanan APIPA juga secara teratur mengecek kehadiran server DHCP (setiap lima menit, menurut Microsoft). Jika mereka mendeteksi sebuah server DHCP di dalam jaringan, APIPA berhenti dan server DHCP menggantikan alamat jaringan APIPA dengan alamat yang tersedia secara dinamis.
 
 


Sumber: webopedia.
 
 
 
 
 
 
 
Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Mengenal APIPA (Automatic Private IP Addressing)
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna