Apa itu Citizen Developers

Dalam penggunaan IT (Information Technology) saat ini, citizen developer adalah istilah yang digunakan untuk para pegawai di dalam perusahaan yang menciptakan aplikasi bisnis menggunakan bahasa fourth-generation (4GL), platform teknologi berkode rendah dan layanan cloud.

Para citizen developer biasanya tidak memiliki latihan formal atau bahkan latar belakang dalam ilmu komputer. Yang mengejutkan, mereka seringkali bekerja dalam posisi manajemen atau pengawas (supervisor). Mereka tidak memiliki posisi sebagai pengembang aplikasi atau tenaga IT di dalam perusahaan. Kebanyakan citizen developer memiliki kemampuan dan pengetahuan terbatas dalam ilmu komputer. Mereka belajar sendiri penciptaan aplikasi dan penggunaan kode komputer. Tapi mereka biasanya memiliki kemampuan menggunakan komputer umum yang mumpuni.

Menurut survei yang diadakan FileMaker, kebanyakan citizen developer mengembangkan aplikasi sendiri supaya bisa bekerja lebih efisien, produktif atau hanya karena ingin menolong perusahaan mereka. Sekarang istilah ini meluas dan bisa digunakan untuk siapapun yang menciptakan aplikasi tanpa latar belakang pendidikan ilmu komputer.



Sumber: wikipedia.  

Anda disini: Home Media Publik Komputer & Teknologi Informasi Apa itu Citizen Developers
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna