Heller Machine Tools Tawarkan Mesin CNC ProfiTrainer Canggih

Dilihat: 671

Sebuah mesin training canggih dirancang unuk meningkatkan tingkat keterampilan operator pusat horizontal machining. Mesin itu dirancang oleh Heller Machine Tools. Mesin dengan nama CNC ProfiTrainer itu dibuat berdasarkan kemampuan versi 4-axis yang sudah ada dengan tambahan meja putar dengan +30/-120°.

Mesin itu ditenagai oleh sumber daya listrik single-phase. Mesin ini bisa digunakan di tempat pelatihan, kampus dan sekolah untuk melatih para siswa. Pabrik dan sub kontraktor besar juga bisa memilih alat untuk melatih para operator mereka.

Siemens 840D sl control atau Fanuc atau Heidenhain bisa dipasang dalam mesin ini. Dengan 200mm linear travel yang ditenagai servomotors pada rel linear 15m/menit, mesin ini didesain untuk meniru operasi mesin Heller berukuran penuh secara realistik.

Porosnya ditenagai oleh motor 9000 rpm/ 2,75 Nm yang menawarkan pilihan collet ER16 juga insert manual dan otomatis untuk menahan mesin HSK25. Bahkan fungsi-fungsi yang tidak bisa dilakukan pada mesin training, misalnya operasi sebuah tool magazine bisa disimulasi dengan menggunakan control runtimes.

 

Sumber: machinery.co.uk

Mesin CNC Standar Bergantung Pada Software Program

Dilihat: 974

Sebuah mesin CNC (computer numerical control) bergantung pada software yang diprogram dengan teliti. Mesin ini bisa diprogram dengan mudah untuk beradaptasi dengan beragam tugas. Hampir semua proses produksi bisa dioperasikan menggunakan software CNC: mesin milling, pemotong water-jet, mesin cetak dan laser. Kesemua mesin itu bisa memakai CNC untuk melakukan berbagai proses produksi. Sistem feedback memampukan produsen untuk melacak perkembangan dan memonitor perlengkapan untuk menemukan cacat yang mungkin menyebabkan error.

Untuk melakukan berbagai proses ini, mesin CNC harus bergerak dengan cara-cara tertentu. Tergantung dari jenis operasi, mesin CNC bergerak bersama serangkaian poros, secara linear atau berputar. Beberapa mesin, misalnya yang memiliki tangan robot bisa memiliki lima poros atau lebih, bisa memiliki gerakan yang kompleks. Sebuah mesin dengan lima poros mungkin memiliki tiga poros linear dan dua poros berputar, sehingga bisa berputar 180 derajat.



Sumber: thomasnet.com

Proses Pembentukan Pipa atau Tabung

Dilihat: 847

Setelah tabung atau pipa diproduksi di pabrik, biasanya produk itu akan menjalani proses pasca produksi di mana mereka dibentuk menjadi produk yang bisa digunakan. Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah bending atau pembengkokan. Proses ini bisa dilakukan dengan mesin yang dikontrol komputer dengan metode pembentukan panas atau dingin atau secara manual. Tergantung dari proses pembengkokan yang digunakan, materi fisik dan mekanis dari materi dasar bisa diubah. Tapi pada akhirnya, tujuannya adalah membentuk alat industri yang bisa digunakan untuk mengantarkan gas dan cairan.

Pipa dan tabung buatan pabrik biasanya menawarkan beragam desain dasar misalnya berbentuk lingkaran atau kotak. Ada juga beragam bentuk lain. Produk mereka biasanya digunakan dalam kedirgantaraan, pertanian, otomotif, medis dan industri listrik. Pipa dan tabung itu umumnya diproduksi dari materi plastik atau logam. Proses pembengkokan standar menggunakan beragam alat dan teknik, dari mandrel yang membengkokan pipa hingga alat gulung segitiga.



Sumber: thomasnet.com

Matrix Machine Tool Akan Pamerkan Dua Alat CNC Baru di EMO 2017

Dilihat: 785
 
Pabrikan thread grinder asal UK Matrix Machine Tool (Coventry) Limited akan memamerkan kemampuan canggih dari mesin grear grinding CNC baru mereka dalam ajang EMO 2017. Keduanya adalah Matrix MGG-0300 CNC Continous Generating Grinding Machine dan Matrix MBGC-100 CNC.

Matrix Mgg-0300 CNC Continous Generating Gear Grinding Machine didesain untuk produksi gear bervolume tinggi. Sedangkan Matrix MBGC-100 CNC adalah pemotong Bevel Gear cangging yang bisa dikonfigurasi menjadi Bever Gear Grinder.

Selain itu pada EMO 2017, Matrix akan memamerkan sebuah tapping module baru. Modul itu mengizinkan mesin 0550 CNC milik perusahaan itu menciptakan back off angle untuk proses grinding tap.
 
 
 

Mengenal Program G-code Pada Mesin CNC

Dilihat: 1317
 
G-code adalah sebuah fungsi yang digunakan dalam bahasa pemrograman Numerical Control yang mengandung informasi posisi sebuah alat untuk melakukan sebuah pekerjaan di pabrik. G-code terpisah dari M-code dan T-code yang mengontrol mesin dan alat pabrik. Walaupun G-code adalah istilah yang biasanya digunakan untuk Numerical Control (NC), sebenarnya G-code hanyalah sebuah komponen dan bekerja bersama dengan kode-kode lainnya untuk melakukan tugas-tugas yang seharusnya. Versi standar G-code dikenal sebagai RS-274D. Versi-versi lainnya juga ada untuk mesin CNC dengan masalah kompatibilitas.

Karena G-code adalah kode persiapan, dalam program CNC mereka mulai dengan huruf G dan mengarahkan mesin. Tindakan-tindakan yang umumnya diarahkan G-code meliputi: mengubah sebuah pallet, gerakan cepat, serangkaian gerakan feed yang terkontrol, menghasilkan potongan barang, lubang dibor atau bentuk dekoratif, mengontrol gerakan feed, dalam garis busur atau lurus, dan mengatur informasi alat



Sumber: thomasnet.com
 
 
Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna