China Luncurkan Kereta Api dengan Rel Virtual

China telah menguji coba sebuah moda transportasi anti mainstream. Sebuah kereta api yang dirancang untuk berjalan tanpa rel, dirancang sejak 2013 dan rencananya akan mulai beroperasi tahun 2018 mendatang.

Kereta dengan rel virtual ini diumumkan Jumat (2/6/2017) di Kota Zhuzhou, Provinsi Hunan. Media setempat, The People's Daily Online menyebut moda transportasi baru ini sama sekali bebas polusi.

Moda transportasi massal ini dalam versi prototipe mampu mengangkut 307 penumpang dan melaju dengan kecepatan 70 km. Hanya memerlukan 10 menit pengisian listrik, kereta bisa berjalan hingga 25 km.

Menurut insinyur kepala, Feng Jianghua, kereta ini dilengkapi dengan sensor yang mampu mengenali permukaan jalan, trotoar, dan tanda-tanda lain sehingga memungkinkan kereta dikendalikan tanpa rel.

Kereta tersebut menggunakan roda karet dengan inti plastik dan memiliki teknologi baru yang dilindungi hak cipta oleh perusahaan kereta api China.

Disebutkan, penerapan moda baru ini menelan biaya seperlima lebih murah ketimbang sistem kereta api bawah tanah konvensional yang biasanya memerlukan biaya sekitar 400 juta yuan hingga 700 juta yuan (1 yuan sama dengan sekitar 2.000 rupiah). (rik)

 

Sumber : The Daily Mail

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi China Luncurkan Kereta Api dengan Rel Virtual
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna