Musibah Besar karena Teknisi Lalai Mengencangkan Satu Mur

Sebuah pesawat Boeing 737-800 milik maskapai China Airlines terbakar hebat ketika baru saja mendarat di bandara Naha, Okinawa, Jepang, 20 Agustus tahun 2007.

Beruntung, 165 awak dan penumpang di dalam pesawat milik Taiwan itu, semuanya selamat tanpa cedera berarti. Pramugari mengatur penumpang dengan cepat meloloskan diri dari pesawat yang terjebak api, setelah itu pilot dan kopilot yang sudah tidak mungkin keluar melewati pintu, merosot keluar dengan tali darurat melalui jendela, tepat sedetik sebelum pesawat meledak dan terbelah menjadi tiga.

Penyelidikan terhadap kecelakaan yang menimpa China Airlines penerbangan 120 tersebut, berawal dari tanda tanya besar, karena semua rekaman di kokpit menunjukkan tidak ada masalah selama penerbangan hingga pesawat mendarat.

Namun, penelusuran yang lebih seksama akhirnya menemukan musibah itu terjadi karena sebuah pen kecil yang jatuh karena mur pengunci lepas.

Dari video rekonstruksi yang ditayangkan di Youtube terlihat, pen tersebut jatuh di dalam sayap sebelah kanan, tepat di jalur sirip flap yang harus dikeluarkan untuk menambah daya angkat sayap pada saat mendarat.

Ketika pesawat menjejak landasan, sirip flap ditarik masuk lagi, mendorong pen yang jatuh itu ke dalam dan menembus tangki bahan bakar. Terjadilah kebocoran yang berakibat terbakarnya mesin nomor dua. Pesawat dan seluruh bagasi penumpang musnah, diikuti kerugian lain yakni merosotnya saham China Airlines dan Asuransi Kebakaran dan Kelautan Taiwan.

Ada spekulasi, teknisi yang mengencangkan mur, lalai memasang ring sehingga menjadi mudah berputar dan akhirnya lepas. Sebuah kelalaian teknis yang mungkin kecil, tapi pada perawatan pesawat terbang terbukti bisa menimbulkan bencana dan kerugian besar. (rik)

 

sumber: Youtube

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Musibah Besar karena Teknisi Lalai Mengencangkan Satu Mur
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna