Sarung Tangan Ini Mampu Terjemahkan Bahasa Isyarat ke Teks

Jika Anda pernah bermain Wii, HTC Vive atau game Just Dance, maka Anda pastinya tidak heran melihat gerakan-gerakan Anda diubah menjadi animasi 3D. Tapi bagaimana jika teknologi pengenalan gerak tubuh (gesture-recognition) digunakan untuk sesuatu yang lain? Misalnya menghancurkan penghalang komunikasi dan isolasi yang dialami penderita tunarungu atau gangguan pendengaran?

Sepasang sarung tangan menjanjikan hal itu. Caranya dengan menerjemahkan gerakan tangan dan jari dalam bahasa isyarat ke dalam teks. Dengan demikian penyandang tuna rungu bisa berkomunikasi dengan mudah dengan orang lain lewat aplikasi smartphone.

Dikembangkan oleh perusahaan Taiwan Yingmi Tech dan dipamerkan di Computex di Taipei minggu ini, sarung tangan itu memiliki sensor pada bagian jari. Selain itu juga gyroscope dan accelerometer di bagian pergelangan tangan. Sensor yang ada memindahkan gerakan tangan dan jari lewat Bluetooth ke sebuah aplikasi smartphone. Bahasa isyarat lantas diterjemahkan ke dalam teks.

Sarung tangan ini menunjukkan betapa mudahnya teknologi seperti ini bisa mempengaruhi kehidupan sehari-sehari dengan sangat kuat. Sekarang penyandang tuna rungu atau mereka yang mengalami gangguan pendengaran bisa berkomunikasi lebih mudah.

Sayangnya untuk saat ini sarung tangan itu masih didesain untuk menerjemahkan bahasa isyarat dalam Bahasa Cina. Tapi Yingmi berkata jika teknologi bisa digunakan dalam bentuk lain yang lebih luas. Mereka sedang bekerja berrsama para pengembang aplikasi lain untuk mengembangkan penggunaannya. (ranu)

Sumber: CNET.

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Sarung Tangan Ini Mampu Terjemahkan Bahasa Isyarat ke Teks
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna