Stratolaunch, Pesawat Terbesar di Dunia Saat Ini

 

Dengan jarak lintas sayap sekitar 117, 34 meter, pesawat khusus bernama Stratolaunch ini menjadi pesawat terbesar di dunia. Tapi jangan harap untuk melihatnya di bandara lokal karena pesawat ini memiliki tujuan khusus dan bukan untuk menerbangkan orang.

Proyek Stratolaunch dimulai pada 2011 sebagai proyek gabungan antara salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen dan pendiri Scaled Composites Burt Rutan. Tujuan mereka adalah menciptakan pesawat terbang komersial baru yang kuat dan mampu meluncurkan roket langsung ke luar angkasa.

Pesawat raksasa ini memiliki dua badan dan kepala pesawat. Tapi hanya kokpit di bagian kanan badan pesawat yang memiliki awak. Kokpit badan pesawat sebelah kiri sengaja dikosongkan dan tanpa tekanan.

Pada 31 Mei 2017, Stratolaunch dikeluarkan dari hanggarnya untuk mulai pengujian di tanah. Lepas landas pertama pesawat ini direncanakan dilakukan akhir tahun ini. Tentunya pesawat ini akan menjalani berbagai tes lainnya sebelum diterbangkan.

Jika semuanya berjalan dengan baik Stratolaunch akan meluncurkan roket pada 2019. Stratolaunch yang memiliki nama kode “Roc” ini dianggap sebagai pesawat terbesar yang pernah dibuat. Sayapnya memiliki jarak lintas  117, 34 meter, lebih besar dari lapangan football profesional. Dua badan pesawat kembar itu memiliki panjang 72,5 meter. Sementara ekornya memiliki ketinggian 15,2 meter.

Pesawat ini dirakit di Mojave Air and Space Port, Mojave, California, Amerika Serikat (AS). “Roc” dirakit di dalam hanggar seluas 8.175 meter persegi. Untuk peluncuran roket pertama pada 2019, Stratolaunch akan membawa satu roket Pegasus XL, yang dibuat oleh Orbital ATK. Pesawat ini sendiri didesain untuk membawa lebih banyak roket di antara dua badan pesawatnya. (ranu)

 

sumber:  USA Today

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Stratolaunch, Pesawat Terbesar di Dunia Saat Ini
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna