Seni Origami Ilhami Robot-Robot Fleksibel Ini

Origami menawarkan banyak hal kepada dunia robot. Salah satunya adalah menjadi inspirasi dari mesin-mesin cerdas yang bisa dilipat. Dengan demikian mesin pintar ini bisa dimasukkan ke dalam perut kita atau dikirim ke Planet Mars.

Sekarang para ilmuwan meminjam lagi ide dari seni kuno Jepang ini untuk menciptakan sebuah mesin robot segitiga kecil dipatahkan bersama dan dilipat menjadi mesin modular dalam beragam bentuk dan ukuran. 

Mesin ini dikembangkan oleh para peneliti dari Switzerland  National Centre of Competence in Research (NCCR) Robotics and École polytechnique fédérale de Lausanne. Inti dari struktur segitiga kecil itu adalah robot Mori. Mesin ini memiliki berat 26g, lebar 70mm dan ketebalan 6mm. Di dalamnya terdapat aktuator, sensor dan alat kontrol onboard. Sementara sumber energi berasal dari sumber luar.

Bila sendirian, salah satu robot ini bisa bisa melintasi permukaan menggunakan bagian tepi yang berotasi sebagai rodanya. Tapi bila robot-robot Mori dipatahkan bersama dan ujung-ujungnya berubah menjadi engsel. Setelah robot-robot ini bisa digunakan untuk membentuk robot tiga dimensi.

Tim itu menguji kemampuan Mori dalam berbagai skenario berbeda. Mereka memakai satu robot untuk masuk ke sebuah celah yang sempit. Lalu, mereka menggabungkan beberapa robot menjadi sebuah permukaan yang bisa konfigurasi ulang. Yang lebih mengesankan, robot itu bisa dipasang ke sebuah kamera eksternal sehingga menciptakan feedback loop.

Tim itu berkata jika robot dan teknologi di dalamnya bisa dipakai di luar angkasa. Bentuk robot bisa diubah untuk memperbaiki struktur-struktur. Suatu saat nanti, teknologi robot ini bisa digunakan dan diubah ke dalam bentuk berbeda, misalnya menyerupai anggota tubuh yang cedera. (ranu)

 

Sumber: newatlas.com

 

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Seni Origami Ilhami Robot-Robot Fleksibel Ini
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna