Alat Ini Bisa Melacak Onderdil Pesawat yang Harus Diganti

Saat pesawat terbang menua, pemilik dan operator pesawat seringkali memperoleh tantangan dalam memperoleh bagian pengganti. Terutama bila bagian pesawat yang perlu diganti itu sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrik asalnya. Tim perawat pesawat mau tidak mau harus menemukan cara untuk melakukan rekayasa terbalik dan membuat sendiri bagian pengganti ini.

Sementara proses penilaian kerusakan atau verifikasi dimensi bagian-bagian pesawat memperlukan banyak waktu dan tenaga. Itulah sebabnya teknologi 3D Laser scanning ini bisa sangat menolong.

Teknologi 3D Laser scanning dari Aeroscan ini dibuat oleh AirCorps Aviation LLC. AirCorps merupakan perusahaan yang ahli dalam merestorasi pesawat Perang Dunia II. Mereka berhasil memakai 3D scanning untuk usaha rekayasa terbalik mereka. Keberhasilan ini mengizinkan Aeroscan untuk melayani dan menyediakan solusi untuk industri kedirgantaraan yang lebih besar. Aeroscan memiliki kemampuan untuk memeriksa atau melakukan rekayasa terbalik menggunakan teknologi state-of-the-art 3D laser scanning. Teknologi ini membuat proses mengukur, membuat model dan akhirnya meniru bagian-bagian pesawat yang memiliki bentuk rumit secara akurat sesuai kenyataan. Alat-alat ukur tradisional dianggap tidak bisa menyediakan tingkat keakuratan dan kecepatan dimensi yang ditawarkan scan 3D. Alat 3D laser scanning portabel yang dipilih Aeroscan dianggap fleksibel dalam hal ukuran, materi atau lokasi obyek yang discan.

Teknologi 3D laser scanning juga memperoleh manfaat dari cara-cara ukur lainnya dari industri penerbangan. Cara-cara itu diantaranya inspeksi RVSM, inspeksi korosi, kedalaman kerusakan akibat hujan, ukuran tetap, inpeksi artikel pertama dan lain-lain.

 

Sumber: aviationpros.com

 

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Alat Ini Bisa Melacak Onderdil Pesawat yang Harus Diganti
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna