Ilmuwan Berusaha Temukan Cara Tumbuhkan Kulit Penderita Luka Bakar

Jika Anda pernah menderita luka bakar parah, atau melihat foto-foto penderita luka bakar, Anda pasti tahu jika wilayah kulit yang terbakar tidak pernah sama seperti dulu lagi. Akan tetapi para peneliti dari firma bioteknologi kecil di Amerika Serikat (AS), PolarityTE mungkin sudah menemukan cara untuk menumbuhkan kulit dan rambut penderita luka bakar.

Pada saat ini, tranplantasi kulit yang sering digunakan untuk luka bakar adalah Epicel. Tapi Epicel tidak begitu tebal dan fungsional. Hal inilah yang ingin diubah oleh PolarityTE. Perusahaan itu menggunakan metode rekayasa jaringan yang sudah mereka patenkan. Metode ini menggunakan jaringan sehat milik sang pasien untuk menumbuhkan kulit manusia. Kulit inilah yang akan digunakan untuk merawat penderita luka bakar.

Sejauh ini percobaan perusahaan itu berhasil saat digunakan untuk babi yang terluka. Metode perawatan ini menghasilkan penyembuhan yang minim bekas luka, pertumbuhan akar rambut, penutupan area luka sepenuhnya dan regenerasi semua lapisan kulit secara progresif.

Karena kulit babi dianggap sebagai kulit yang lebih kompleks dan kuat dibandingkan kulit manusia, keberhasilan mereka dianggap sebagai peluang. Mereka ingin mencoba melakukan metode ini pada manusia. Percobaan ini akan diadakan akhir tahun ini. Bila berhasil, metode baru ini akan dipasarkan 12-18 bulan kemudian.

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Ilmuwan Berusaha Temukan Cara Tumbuhkan Kulit Penderita Luka Bakar
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna