Mengenal Dua Kategori Las Laser

Las laser berbeda dengan las konvesional yang umum digunakan saat ini. Las laser bisa dimasukkan ke dalam dua kategori dasar yaitu keyhole dan mode konduksi. Kedua metode itu mampu melakukan kinerja mandiri yaitu pengelasan tanpa filler logam.

Keyhole atau pengelasan penetrasi dalam seringkali dipakai saat mengelas materi yang lebih tebal dengan menggunakan kekuatan laser yang tinggi. Dengan teknik ini laser difokuskan untuk mencapai sebuah densitas berkekuatan tinggi pada bagian yang dilas. Pada pusat sinar laser, logam yang dilas akan menguap, membuka sebuah lubang (lubang kunci/keyhole) di dalam bagian logam. Uapan itu menekan lubang untuk mencegah bagian logam di sekitarnya yang meleleh untuk tidak masuk ke dalam lubang. Dengan demikian lubang tetap terbuka selama proses pengelasan.

Dalam mode konduksi, densitas kekuatan cukup besar untuk melelehkan logam. Penetrasi las dicapai dengan panas laser yang disalurkan ke dalam logam dari permukaan. Kedalaman penetrasi las dikontrol oleh bagian dari panjang sinar laser. Perbedaan keyhole dengan mode konduksi, pada mode konduksi panas las biasanya lebih lebar. Sementara keyhole lebih dalam.

Las laser menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan las biasa. Las laser lebih kompatibel dengan berbagai material termasuk baja karbon, baja berkekuatan tinggi, stainless steel, alumunium dan logam berharga. Las laser juga bisa digunakan untuk menggabungkan materi yang tidak sama, karena perbedaan suhu materi yang meleleh dan konduksi panas tidak begitu berpengaruh untuk metode las laser.

 

Sumber: EWI.org

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Mengenal Dua Kategori Las Laser
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna