Apa Itu 5G dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam beberapa hal, 5G lebih cepat dibandingkan 4G. Untuk saat ini para ahli belum menemukan kesepakatan dalam arti 5G dan belum ada standar terkait hardware yang dibuat. Berbagai operator seluler besar di dunia sibuk menguji dan membanggakan teknologi mereka sendiri. Teknologi ini mereka aku sebagai 5G. Tapi sayangnya teknologi itu berbeda-beda.

Satu-satunya kesamaan dari beragam teknologi itu adalah anggapan jika 5G akan lebih cepat, lebih stabil dan serba guna. Mencapai kecepatan 10Gbps dianggap mungkin bagi 5G. Jaringan internet ini kelak akan menggantikan jaringan WiFi di rumah, menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas.

“Pada dasarnya, 5G akan menyediakan saluran pipa yang lebih lebar dan jalur yang lebih cepat,” kata juru bicara Verizon Marc Tracey. Misalnya jika teknologi 5G lebih cepat 10 kali dibandingkan 4G LTE, maka Anda bisa mendownload sebuah film dalam hitungan detik. Kita juga bisa menikmati siaran VR (virtual reality) langsung di dalam headset tanpa lag.

Cara kerja 5G

Jaringan 5G yang sekarang ini direncanakan akan beroperasi dengan pita frekuensi tinggi dari spektrum nirkabel antara 30GHz hingga 300GHz. Pita ini disebut spektrum gelombang milimeter. Gelombang milimeter ini bisa mentransfer data dengan kecepatan sangat tinggi, tapi mereka tidak berpindah menggunakan gelombang frekuensi yang lebih rendah yang digunakan dalam jaringan 4G. Gelombang ini juga susah melewati tembok, bangunan dan penghalang lainnya.

Pada jaringan yang lebih rendah seperti 4G LTE, antena bisa terpisah jauh dan penghalang-penghalang di atas bukanlah masalah besar. Tapi saat jaringan 5G dibangun, para operator seluler harus menggunakan lebih banyak antena untuk memperoleh jangkauan yang sama dengan jaringan yang saat ini ada. Anda akan melihat antena mini di mana-mana.

Itulah sebabnya beberapa perusahaan seperti Qualcomm dan Intel bereksperimen menggunakan jarak sub-6 Ghz untuk menambah sinyal gelombang milimeter dengan sesuatu yang lebih stabil. Untuk saat ini jaringan 5G masih dalam bentuk yang sangat awal. (ranu)

 

Sumber: Wired.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Apa Itu 5G dan Bagaimana Cara Kerjanya?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna