Mengenal Sekilas tentang Cryptocurrency

Beberapa bulan lalu dunia termasuk Indonesia dihebohkan dengan isu ransomware, software yang menyandera komputer beserta file di dalamnya. Supaya pengguna bisa menggunakan kembali komputernya dan menyelamatkan datanya, mereka perlu membayar uang tebusan dengan menggunakan salah satu cryptocurrency yaitu Bitcoin. Sebenarnya apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan teknik-teknik enkripsi untuk mengatur nilai mata uang dan menverifikasi transfer uang. Cryptocurrency bekerja secara independen dan terpisah dari bank pusat. Dengan adanya crytpcurrency seperti bitcoin, orang bisa mengumpulkan kekayaan tanpa batasan dan penyitaan.

Lantas bagaimana sejarah singkat mata uang ini? Pada 1998, Wei Dai merilis “b-money”, sebuah sistem distribusi uang elektronik. Segera sesudah itu, Nick Szabo menciptakan “Bit Gold”, sistem mata uang elektronik yang dilengkapi proof-of-work, sistem untuk mencegah serangan DDOS dan spam. Mata uang elektronik ini dienkripsi. Cryptocurrency yang terdesentralisasi pertama yang dibuat adalah bitcoin. Mata uang bitcoin diduga diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Bitcoin menggunakan SHA-256, sebuah fungsi crytographic hash sebagai skema proof of work. Pada April 2011, Namecoin diciptakan sebagai usaha membentuk DNS yang terdesentralisasi, sehingga sensor internet akan sulit dilakukan untuk mata uang ini. Segera sesudah itu, Litecoin dirilis.

Legalitas cryptocurrency berbeda-beda dari satu negara ke negara lain. Beberapa negara masih belum mengambil sikap tentang keberadaan cryptocurrency. Beberapa negara secara eksplisit memperbolehkan penggunaannya, sementara yang lain melarang atau membatasinya. Begitu pula, berbagai badan negara, departemen dan pengadilan memiliki sikap berbeda terhadap bitcoin. Misalnya China Central Bank melarang penanganan bitcoin oleh institusi finansial di Cina. Di Rusia, cryptocurrency legal, tapi menggunakannya untuk membeli barang-barang dianggap ilegal. (ranu)

Sumber: Wikipedia.

 

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Mengenal Sekilas tentang Cryptocurrency
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna