Peneliti Harvard Ciptakan Robot Laba-Laba Dari Sedotan

Para peneliti mulai menciptakan robot dari materi yang lebih lembut. Hal ini karena penciptaan beberapa robot perlu materi selain besi atau baja. Contohnya robot ulat kecil, robot cumi-cumi dan sejenisnya perlu materi yang lembut untuk berfungsi. Sekarang tim dari Universitas Harvard membuat robot serupa yang terinspirasi dari laba-laba. Uniknya, robot ini dibuat dari sedotan plastik dan bergerak menggunakan bola yang mengembang.

“Jika Anda melihat di seluruh dunia, ada banyak hal, seperti laba-laba dan serangga, mereka sangat lincah,” kata George Whitesides, pemimpin penelitian dalam studi itu. George berkata mereka ingin membuat robot yang lincah seperti laba-laba.

Tim itu memotong sedotan plastik supaya bisa dibengkokkan. Lalu, merangkai sedotan itu menjadi kaki laba-laba. Sebagai otot tendon mereka menempelkan benang karet. Robot ini digerakkan oleh microcontroller Arduino.

Saat ini robot itu diciptakan dengan sedotan, tapi begitu konsepnya sudah matang, model selanjutnya akan dibuat dengan polimer berstruktur yang ringan. Robot-robot berbentuk serangga ini kelak bisa digunakan untuk misi pencarian dan penyelamatan di area-area bencana. Hal ini mungkin karena robot-robot itu gesit dan kecil dan bisa masuk ke reruntuhan bangunan dan tempat yang sulit dijangkau manusia.

 

Sumber: news.harvard.edu

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Peneliti Harvard Ciptakan Robot Laba-Laba Dari Sedotan
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna