Pria Ini Miliki Mata Kamera Cyborg

Rob Spence,seorang pembuat film dokumenter dari Kanada memiliki sebuah mata prostetik yang juga berfungsi sebagai kamera video. Rob tidak sengaja menembak matanya sendiri saat masih kecil. Kejadian itu membuat matanya rusak, hingga pada akhirnya pada 2007 matanya harus dicopot. Pria yang sekarang berusia 40 tahunan itu dulu bertanya jika dia bisa mengganti matanya dengan sesuatu selain mata prostetik biasa.

Dia mulai bicara dengan teknisi frekuensi radio independen dan desainer Kosta Grammatis. Kosta menolongnya mendesain mata kamera. Kamera nirkabel dipasang di belakang mata prostetik. Perlengkapan untuk menciptakan mata kamera itu termasuk transmitter mikro, baterai kecil, miniatur kamera dan sebuah magnetis yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan kamera. Setelah itu teknisi elektrik Martin Ling menolong mendesain sebuah papan sirkuit kecil untuk mengambil semua data dari kamera dan mengirimnya ke dunia yang lebih luas melalui sebuah receiver, menurut the Eyeborg Project, sebuah situs tentang proyek Spence. Versi pertama mata itu dibangun pada 2008.

Kamera itu tidak memiliki koneksi dengan otaknya atau saraf optik. Jadi Rob tidak bisa disebut cyborg sesungguhnya. Kamera itu bisa merekam selama 30 menit sebelum perlu direcharge. Selain itu, kamera itu dilengkapi lampu LED merah, sehingga orang yang direkam tahu jika dia direkam.

 

 

Sumber: LiveScience

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Pria Ini Miliki Mata Kamera Cyborg
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna