Peneliti Mulai Ajari Robot Sopan Santun

Manusia tahu jika mereka harus mematikan ponsel mereka yang berdering saat mereka berada di perpustakaan. Mereka juga tahu jika mereka harus mengucapkan terima kasih setelah memperoleh pertolongan seseorang. Sekarang robot juga akan mempelajari etika berkat sebuah proyek penelitian yang bertujuan mengajarkan robot sopan santun.

Dengan mengajar robot norma sosial, para peneliti berpikir mesin-mesin itu bisa berinteraksi dengan manusia secara lebih luwes. Tahap awal dari proyek ini baru-baru ini telah diselesaiakan oleh tim peneliti yang didanai the Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Para peneliti mempelajari bagaimana manusia mengenali dan bereaksi terhadap norma sosial. Mereka lantas mengembangkan algoritma yang mengizinkan robot belajar norma sosial berdasarkan data dari manusia.

Para peneliti berkata jika sistem artificial intelligent (AI) pada akhirnya bisa tahu bagaimana berperilaku dalam situasi tertentu, seperti halnya manusia. Tentunya proses pembelajaran ini memerlukan waktu. Manusia sendiri belajar hal ini sedari kecil. Orang juga belajar norma baru lebih mudah karena mereka sudah terlebih dulu memiliki jaringan norma yang kompleks.

Sejauh ini, proyek DARPA ini sukses menyediakan framework yang digunakan mesin ini untuk belajar, tapi masih ada banyak hal yang perlu dikerjakan. Selain itu, robot itu harus memiliki kapasitas untuk belajar, mewakili, mengaktifkan dan menerapkan sebagian besar norma yang harus dipatuhi.

 

 

Sumber: LiveScience.

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Peneliti Mulai Ajari Robot Sopan Santun
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna