Ilmuwan Gunakan Kecerdasan Buatan Untuk Perjelas Foto

Kamera biasa tidak selalu bisa memotret obyek dengan jelas terutama dalam kondisi tertentu, misalnya hujan, berkabut atau cahaya yang kurang. Akan tetapi peneliti dari NEC dan the Tokyo Institute of Technology menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mengkombinasikan foto-foto terlihat dan tidak terlihat, sehingga bisa meningkatkan kejelasan foto.

Gambar atau foto yang tidak terlihat adalah foto dari kamera panas atau X-ray. Kadang-kadang hasil foto dari kamera seperti ini digunakan dengan hasil kamera biasa. Misalnya untuk tujuan memonitor situasi dalam cahaya rendah atau kondisi cuaca yang sangat buruk. Akan tetapi, hal ini memerlukan proses dan kombinasi manual.

Sekarang peneliti mengembangkan sebuah cara untuk menggunakan AI untuk secara otomatis mengkombinasikan foto terlihat dan tidak terlihat. Hasilnya adalah foto dengan kejelasan dan visibilitas yang lebih baik. Cara teknologi ini bekerja adalah dengan menguji setiap foto untuk menilai tingkat visibilitas. Lalu, secara otomatis teknologi ini mengambil area-area terbaik dari setiap foto, sembari mempertimbangkan karakteristik dan penghalang-penghalang di lingkungan. AI juga mendeteksi abnormalitas dari foto-foto kamera tidak terlihat dan bisa menghasilkan foto-foto multimodal yang menggabungkan detil foto terlihat dan tidak terlihat.

 

 

Sumber: NEC.com

 

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Ilmuwan Gunakan Kecerdasan Buatan Untuk Perjelas Foto
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna