Apa Itu Internet of Things?

Salah satu teknologi yang mungkin kerap Anda dengar saat ini adalah Internet of Things (IoT). Perusahaan-perusahaan teknologi di luar negeri berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi Internet of Things. Lantas apa artinya?

Konsep internet of things pada dasarnya menghubungkan setiap peralatan dengan internet dan pada akhirnya dengan satu sama lain. Hal ini termasuk mesin pembuat kopi, ponsel, mesin cuci, headphone, lampu, peralatan wearable dan peralatan lainnya. Selain itu, internet of things juga meliputi komponen mesin seperti mesin jet pesawat atau alat bor kilang minyak. Semua peralatan ini dihubungkan dengan alat yang bisa menghidupkan dan mematikan koneksi internet.

Menurut lembaga analisa Gartner, pada 2020 ada sekitar 26 triliun peralatan yang akan menjadi bagian dari internet of things. IoT pada akhirnya menghubungkan benda dengan benda dan orang dengan orang juga orang dengan benda.

Di masa mendatang, aturan baru di dunia teknologi adalah segala sesuatunya bisa terhubung, dan akan terhubung. Misalnya, dengan IoT, maka mobil Anda akan diubah menjadi mobil cerdas yang terhubung dengan internet. Karena itu, misalnya Anda sedang mengendarai mobil, mobil itu bisa mengakses kalender dan tahu jadwal kegiatan Anda hari itu. Mobil itu tahu Anda harus menghadiri rapat pukul 10:00 dan sudah memilihkan rute paling cepat menuju kantor. Jika lalu lintas macet, mobil tersebut bisa mengirim pesan SMS atau email kepada para peserta rapat.

Jika kelak jam alarm Anda terhubung dengan IoT, maka jam alarm itu akan menjadi alarm yang cerdas. Seandainya pukul 6:00, jam itu berbunyi maka jam itu juga akan memberikan notifikasi jika mesin pembuat kopi Anda sedang menyeduh kopi untuk Anda.

Contoh itu hanyalah contoh kecil dari aplikasi IoT di masa mendatang. Pada dasarnya, akan ada banyak peluang yang mungkin terjadi di masa mendatang. Untuk saat ini, contoh perangkat IoT yang ada adalah perangkat Google Home dan Alexa buatan Amazon. Keduanya bisa terhubung dengan beberapa perangkat cerdas di rumah seperti CCTV, lampu, dan lain-lain.

 

 

Sumber: Forbes

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Apa Itu Internet of Things?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna