Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah istilah yang kerap kita dengar saat ini. Beberapa aplikasi yang kita gunakan saat ini menggunakan AI misalnya asisten suara Google Assistant dan Siri. Lantas apa sebenarnya AI itu? Bagaimana sejarahnya?

Sejarah AI, Istilah AI mulai muncul pada pertengahan abad ke-20, dan salah satu metodenya yang populer muncul pada 1980-an. Tapi istilah AI sendiri muncul pertama kali pada 1956, saat seorang profesor matematika John McCarthy dari Darthmouth College memperkenalkan istilah itu. Beberapa tahun kemudian, beberapa laboratorium penelitian AI muncul di the Massachusetts Institute of Technoogy (MIT) dan Stanford University. Penelitian itu meliputi komunikasi bahasa alami, catur komputer, dan robot.

Minat untuk bidang ini berfluktuasi sepanjang waktu. Pada 1970-an dan 1980-an minat masyarakat menurun dan pendanaan mulai mengering. Beberapa startup yang mengatakan jika mereka bisa mengembangkan teknologi ini tiba-tiba menghilang.

Arti AI, Menurut John McCarthy, Artificial Intelligence (AI) adalah  mesin yang bisa meniru atau mensimulasi segala aspek belajar atau fitur kecerdasan lain yang secara prinsip bisa digambarkan dengan jelas.

Selain AI ada beberapa istilah lain yang berkaitan dengannya. Misalnya machine learning (pembelajaran mesin) yaitu istilah mengajari mesin bagaimana melakukan sebuah hal khusus, misalnya mengenali nomor. Caranya dengan memberikan sejumlah data kepada mesin dan mengarahkan mesin membuat prediksi pada data baru.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat penciptaan software yang bisa belajar semakin mudah. Software ini juga semakin lama semakin pintar karena mengumpulkan banyak data.

Istilah lainnya adalah deep learning, yaitu salah satu pembelajaran mesin yang lebih canggih. Jika pembelajaran mesin memerlukan teknisi memasukkan data, deep learning memakai pendekatan yang melibatkan jaringan saraf buatan. Jaringan ini adalah sistem matematika yang terinspirasi dari cara saraf bekerja bersama dalam otak manusia. Para ilmuwan saraf seperti Warren McCulloch dan ahli matematika Walter Pitts muncul dengan sistem ini pada 1943. Selama bertahun-tahun, para peneliti mengembangkan konsep ini dengan berbagai teknik, termasuk penambahan lapisan.

 

 

Sumber: CNBC

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Apa Itu Artificial Intelligence?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna