Helikopter Tanpa Pilot Terbang Untuk Pertama Kalinya

Airbus menguji helikopter otomatis tanpa pilot mereka. Perusahaan aerospace itu menguji helikopter VSR700 Optionally Piloted Vehicle (OPV) itu untuk pertamanya. Helikopter ini terbang tanpa penumpang. Tapi mereka juga berencana untuk menguji helikopter otomatis dengan penumpang tahun depan.

Dalam uji coba pertama itu, helikopter itu bisa terbang dan mendarat, melayang, bermanuver dan melakukan penerbangan yang stabil dengan sukses. Seorang pilot manusia berada di kokpit untuk berjaga-jaga jika ada sistem yang malfungsi.

VSR700 dikembangkan dari kerja sama Airbus Helicopters dan Helicopteres Guimbal. Helicopteres Guimbal adalah pabrik yang memproduksi helikopter Cabri G2, yang merupakan dasar dari VSR700.

Helikopter itu mampu terbang dengan beban 250 kg dan bisa tetap di udara selama 10 jam. Helikopter itu rencananya digunakan oleh angkatan udara sebagai transportasi udara taktikal tanpa awak di laut. Karena berbagai sensor optikal dan radar darat/laut di dalamnya, helikopter ini juga bisa digunakan untuk operasi militer di darat.

 

 

Sumber: Airbus.

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Helikopter Tanpa Pilot Terbang Untuk Pertama Kalinya
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna