Drone Gunakan WiFi Untuk Lihat yang Tersembunyi dalam Ruangan

Tiga tahun lalu, para peneliti dari the University of California, Santa Barbara (UCSB), Amerika Serikat menggunakan robot yang dilengkapi WiFi untuk memperoleh gambar dua dimensi dari obyek-obyek yang tersembunyi di balik tembok. Dengan kata lain, robot-robot ini bisa mendeteksi dan memperoleh gambar tentang obyek yang ada di dalam ruangan tertutup.

Sekarang teknologi yang sama digunakan oleh drone udara. Mereka bisa memperoleh foto-foto 3D dari obyek-obyek di dalam ruangan. Teknologi ini bisa digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan, penemuan arkeologi dan pengawasan struktural.

Dipimpin oleh Prof. Yasamin Mostofi, tim UCSB menggunakan dua drone octocopter otomatis. Keduanya dilengkapi dengan  transceivers WiFi. Dua drone itu terbang dengan pola sinkronis di kedua sisi bangunan bertembok. Salah satu drone akan memancarkan sinyal WiFi, sementara yang lain akan mengukur panjang sinyal saat sinyal diterima setelah melewati bangunan itu. Dengan menganalisa variasi dari kekuatan sinyal, memperoleh ukuran dan bentuk obyek tersembunyi di dalam bangunan bisa dilakukan. Hal ini karena obyek-obyek itu menghalangi sinyal WiFi.

Jika robot sebelumnya hanya bisa memperoleh gambar 2D, drone yang bisa terbang maju mundur, ke atas ke bawah itu bisa menilai obyek-obyek dengan beragam sudut. Hasilnya mereka bisa memperoleh gambar-gambar 3D.

 

Sumber: news.usbc.edu

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Drone Gunakan WiFi Untuk Lihat yang Tersembunyi dalam Ruangan
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna