Manfaat Menggunakan Robot Mengelas Dibandingkan Las Manual

Robot las sekarang ini sudah banyak dikembangkan dan dipakai di berbagai perusahaan. Ada beberapa keuntungan menggunakan robot untukmengelas. Robot las bekerja secara produktif karena mereka bisa bekerja tanpa istirahat atau libur. Robot juga lebih konsisten dan teliti. Berikut ini tiga manfaat utama robot las:

Hemat waktu

Sistem las robotik melakukan pekerjaannya dengan cepat. Robot las melakukan lebih sedikit kesalahan dibandingkan las manual. Tidak seperti manusia, robot tidak memerlukan istirahat, liburan dan lain-lain. Pekerjaan bisa terus berlangsung tanpa gangguan, 24 jam sehari. Hal ini membuat perusahaan lebih produktif.

Hemat biaya

Biaya las manual bisa menjadi mahal. Hal ini karena pengelasan memerlukan waktu, keterampilan dan konsentrasi. Selain itu pekerjaan ini juga berbahaya. Mengelas merupakan pekerjaan yang berbahaya. Kilatan cahaya, percikan cahaya, asap dan panas membuat pengelasan manual menjadi pekerjaan yang menguras energi dan berbahaya. Robot las bisa menghemat biaya dan melindungi pekerjaan terutama untuk bagian-bagian pengelasan yang beresiko tinggi.

Hemat materi

Pengelas yang paling terampil juga bisa membuat kesalahan. Akan tetapi, robot las baik yang baru dan lama, semuanya bisa diatur termasuk penggunaan energi dan listrik. Robot las menghemat energi karena melakukan pekerjaan secara konsisten. Keakuratan dan kekonsistenan robot ini berarti materi pengelasan dan waktu dihemat. Tetapi kualitas atau hasil pengelasan tetap bagus.

 

 

Sumber: Robots.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Manfaat Menggunakan Robot Mengelas Dibandingkan Las Manual
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna