Robot Ini Dirancang Khusus Untuk Pasang Pipa di Bawah Tanah

Memasang benda-benda seperti pipa air atau gas bawah tanah atau kabel telekomunikasi bawah tanah merupakan hal yang merepotkan. Biasanya, para pekerja harus menggali parit terlebih dulu, sepanjang pipa atau kabel yang ingin dipasang. Setelah pemasangan selesai, maka parit itu akan ditimbun lagi dengan tanah. Tentunya akan lebih mudah jika pipa atau kabel bisa langsung dipasang ke dalam tanah tanpa perlu menggali parit. Proses seperti ini akan lebih praktis dan menghemat waktu dan energi terutama di lingkungan perkotaan. Itulah tujuan diciptakannya robot BADGER.

Robot BADGER (roBot for Autonomous unDerGround trenchless opERations, mapping and navigation) memiliki bentuk mirip cacing tanah. Robot ini terdiri dari beberapa bagian yang digabung menjadi satu.

Di bagian depan terdapat kepala bor, yang akan menggunakan ultrasound untuk membantu memecah materi yang dibor di dalam tanah. Gerakan robot ini akan mirip dengan gerakan cacing yang masuk menembus tanah.

Di belakang kepala bor itu akan terdapat printer 3D. Printer ini akan melapisi terowongan yang dibentuk oleh kepala bor dengan lapisan tertentu. Lapisan ini akan mengeras dan menjadi pipa yang ingin dimasukkan atau dipasang di bawah tanah.

Di belakang printer 3D ini terdapat kabel data dan listrik. Kabel itu juga berfungsi sebagai alat kontrol di permukaan. Operator di permukaan tanah bisa memonitor perkembangan robot dan bisa mengambil alih secara manual jika diperlukan. Setelah kabel itu, terdapat tambahan tabung di bagian belakang untuk mengeluarkan tanah yang dibor ke permukaan.

BADGER juga akan dilengkapi dengan unit pengukuran inersial, sebuah gabungan dari accelerometer, gyroscope dan magnetometer. Unit ini digunakan untuk mengetahui lokasi robot di dalam tanah. Dengan demikian, robot ini bisa tetap di dalam jalur. Robot juga dilengkapi radar untuk mendeteksi dan menghindari rintangan-rintangan di dalam tanah seperti batu besar yang menghadang.

Proyek tiga tahun ini dipimpin oleh tim peneliti dari Universidad Carlos III de Madrid, Spanyol dan melibatkan para peneliti dari Jerman, Yunani, Italia dan the UK. Semoga saja robot seperti ini segera bisa digunakan dalam pembangunan.

 

 

Sumber: badger-robotics.eu

 

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Robot Ini Dirancang Khusus Untuk Pasang Pipa di Bawah Tanah
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna