Caltech Tidak Gunakan Lensa Supaya Kamera Lebih Ramping

Ukuran kamera yang dipasang pada smartphone dan tablet sekarang ini semakin kecil. Tapi pemakaian lensa untuk menangkap cahaya membuat kamera pada kedua perangkat itu terlihat menyembul di belakang. Pemakaian lensa dianggap menghalangi produsen menciptakan kamera yang lebih tipis.

Caltech mencoba mengatasi masalah ini dengan memakai ultra-thin optical phased array (OPA).  OPA adalah lapisan tipis silikon fotonik terintergrasi. OPA  bisa memanipulasi cahaya yang masuk secara komputasi untuk menghasilkan gambar. Dengan demikian lapisan ini bisa menggantikan fungsi lensa dan sensor gambar.

Para peneliti dari Caltech juga mengatakan keunggulan OPA adalah bisa meniru lensa fish-eye dan telephoto sehingga tidak perlu menggunakan lensa berbeda.  Hal ini karena kamera tanpa lensa itu memiliki receiver yang bisa dikendalikan secara individu untuk menangkap susunan cahaya yang masuk time delay.

Untuk saat ini, kamera tanpa lensa ini baru bisa dipakai untuk menangkap gambar dalam resolusi kecil. Tapi penemuan OPA ini bisa mengubah teknologi kamera saat ini.

 

 

Sumber: Caltech.edu

 

 

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Caltech Tidak Gunakan Lensa Supaya Kamera Lebih Ramping
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna