Ilmuwan Cina Ciptakan Beras Ungu Anti Oksidan

Beras putih dikatakan memiliki sedikit kandungan nutrisi, jadi jika Anda ingin beras yang lebih sehat Anda disarankan mengkonsumsi beras hitam atau merah. Tapi kelak mungkin akan ada pilihan lain. Hal ini karena para ilmuwan Cina memanipulasi beras secara genetis untuk menghasilkan beras ungu. Beras ini dikatakan kaya antioksidan dan bisa mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.

Manfaat kesehatan tambahan dari beras baru ini karena tingkat anthocyanins yang ditambah. Senyawa ini meningkatkan aktivitas aktioksidan, yang dihubungkan dengan pengurangan resiko kanker, diabetes dan penyakit jantung. Senyawa ini jugalah yang memberikan warna pada blueberry dan anggur merah. Oleh karena itu beras baru ini memiliki warna ungu.

Hal ini bukanlah pertama kalinya para ilmuwan mencoba menciptakan beras dengan tingkat anthocyanin yan glebih tinggi. Usaha-usaha sebelumnya gagal karena rumitnya cara biosintesis yang digunakan. Untuk mengakali hal ini para peneliti dari South China Agricultural University itu awalnya menguji gen mana yang dihubungkan dengan produksi anthocyanin pada beragam jenis beras. Langkah berikutnya, tim itu berusaha menguji seberapa aman beras ungu ini untuk dimakan dan apakah teknik itu bisa diterapkan pada makanan pokok lainnya.

 


Sumber: Science Daily.

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Ilmuwan Cina Ciptakan Beras Ungu Anti Oksidan
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna