Menjernihkan Air Dengan Mikrobot Pemburu Bakteri

Di masa mendatang, air yang terkontaminasi bisa diminum lagi dengan proses penjernihan air yang menggunakan robot berukuran sangat kecil. Para peneliti Eropa telah mengembangkan mikrobot bundar kecil yang bisa berenang untuk menangkap dan membunuh bakteri mematikan dari air. Dengan demikian bakteri ini bisa dihilangkan dari air terkontaminasi.

Cara ini berbeda dengan cara yang digunakan saat ini. Sekarang kita biasanya menjernihkan air dengan menambahkan klorin atau zat kimia lain dalam dosis tinggi. Masalahnya zat kimia ini bisa membuat orang sakit. Selain itu, beberapa bakteri kebal terhadap zat kimia tersebut.

Sekarang para peneliti Spanyol ini mencoba memakai mikrobot itu melawan bakteri. Tes ini dianggap sebagai tes untuk menciptakan sistem penjernih air yang bebas zat kimia. Mikrobot ini didesain dengan cerdas, terinspirasi dari partikel Janus yang dikembangkan tahun lalu oleh tim Max Planck. Setengah bagian dari mikrobot diciptakan dari magnesium. Setengah bagian lainnya diciptakan dari campuran besi, emas dan perak. Sisi magnesium yang menjadi sumber tenaga untuk bergerak karena bereaksi dengan air dan menciptakan gelembung hidrogen. Sementara sisi lainnya didesain untuk mendeteksi dan membunuh mikroorganisme.

Untuk menguji mikrobot itu, para peneliti memasukkan mereka ke air yang memiliki bakteri E.coli dalam jumlah tinggi. Bagian magnesium bisa bertahan selama 15 hingga 20 menit. Dan selama itu, mikrobot berhasil membunuh 80 persen bakteri. Karena mungkin tidak sehat meminum air penuh robot kecil, mereka akan dipindahkan dengan magnet. Mikrobot itu tidak meninggalkan limbah berbahaya di dalam air.

 

 

 

Sumber: American Chemical Society.

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Menjernihkan Air Dengan Mikrobot Pemburu Bakteri
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna