Facebook Uji Drone Aquila Untuk Kedua Kalinya

Rencana Facebook membawa koneksi internet ke seluruh dunia dengan pesawat pemancar koneksi bertenaga cahaya matahari maju selangkah. Perusahaan itu menguji drone Aquila mereka untuk kedua kalinya. Untuk uji coba kedua ini, pesawat drone lepas landas dan mendarat dengan baik. Uji coba pertama Facebook tidak berjalan dengan baik.

Facebook pertama kali memperkenalkan drone Aquila pada 2015. Pesawat itu memiliki panjang sayap lebih dari Boeing 737. Berat drone itu sepertiga berat mobil listrik dan bertenaga panel surya yang tersebar di seluruh sayap fiber karbon dan frame. Perusahaan sosial media itu berkata jika pesawat itu bisa terbang 90 hari sekali terbang.

Drone itu akan menggunakan sistem komunikasi berbasis laser untuk memancarkan internet dan berkomunikasi dengan drone Aquila lainnya. Sistem ini masih dikembangkan tapi Facebook berkata jika kecepatan 10 Gbps bisa tercapai.

Facebook mengaku uji coba pertama drone itu sukses saat diadakan Juli 2016. tapi sebuah foto beredar menunjukkan drone itu rusak saat mendarat. Perusahaan itu mengatakan jika hal ini karena kendala angin yang kencang.

Facebook memodifikasi pesawat itu, menambahkan sesuatu pada kedua sayap drone itu. Selain itu mereka juga menambahkan sensor baru, mengupdate software autopilot dan lain-lain.

Penerbangan kedua Aquila terbang hingga ketinggian 914 m dan melayang di langit Arizona selama satu jam dan 46 menit. Drone itu lantas mendarat dengan baik.

 

 

Sumber: Facebook.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Facebook Uji Drone Aquila Untuk Kedua Kalinya
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna