Teknik Ini Diharapkan Buat Titanium Lebih Murah Untuk Industri Pesawat

Titanium merupakan salah satu materi logam yang tersedia berlimpah di bumi. Tapi untuk mengolah titanium supaya bisa digunakan, perlu waktu dan energi serta biaya yang mahal. Padahal industri kedirgantaraan adalah industri yang paling sering menggunakan logam ini. Para teknisi pesawat memuji materi ini untuk kekuatannya, korosi yang rendah dan densitas yang relatif rendah. Selain itu materi ini bisa digunakan dengan materi komposit.

Perusahaan bernama Metalysis berbasis di Rotherham, Inggris memiliki visi untuk membuat biaya pengolahan titanium menjadi lebih terjangkau. Mereka ingin memakai proses produksi elektrokimia scalable yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Universitas Cambridge. Reaktor dalam proses ini bisa mengubah titanium oksida menjadi titanium dengan menggunakan bentuk elektrolisa dalam kalsium klorida dan bisa memproduksi batang logam. Lebih dari itu, Metalysis percaya jika serbuk logam yang dihasilkan bisa digunakan dalam proses additive manufacturing (printing 3D).

Metalysis sudah mendemonstrasikan proses ini dengan mengolah 20-30 ton serbuk logam. Mereka sedang membangun pabrik modular untuk memamerkan teknologi ini. Proses elektrokimia yang sama bisa digunakan untuk logam atau campuran logam lain. Metalysis sudah membuat resep pengolahan untuk titanium dan untuk logam lain yang lebih langka dan padat, tantalum. Tantalum bisa digunakan untuk pembuatan pelindung pesawat ruang angkasa. Mereka juga sedang berusaha menemukan cara mengolah 10-20 materi logam lainnya.

 

Sumber: AviatonWeek.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Teknik Ini Diharapkan Buat Titanium Lebih Murah Untuk Industri Pesawat
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna