Panasonic Tambahkan Panel Surya di Atap Mobil

Produsen alat elektronik, Panasonic yang bermarkas di Osaka, Jepang mulai memproduksi panel surya 180 watt yang bisa dipasang di atap mobil. Februari 2017, Panasonics mengumumkan jika panel surya modul photovoltaic mereka akan bisa digunakan di atap mobil Prius plug-in hybrid terbaru.

Mobil dianggap sebagai pasar yang menguntungkan untuk bisnis panel surya. Persaingan dalam industri panel surya dengan pabrik Cina membuat harga panel surya turun drastis. Hal ini menyebabkan beberapa pabrikan mengadopsi panel surya di berbagai tempat, mulai dari atap rumah, tembok bahkan hingga tas punggung dan tenda.

“Atap mobil memiliki potensi untuk menjadi pasar baru untuk panel surya. Kami membuat sejarah dalam industri mobil dan industri solar dengan mobil bertenaga surya yang diproduksi massal pertama di dunia,” kata Shingo Okamoto, general manager Panasonic.

Panasonic rupanya juga bekerja sama dengan Tesla Inc untuk membuat baterai di Gigafactory di luar Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Ada 264 juta mobil dan truk yang beroperasi di AS menurut data the National Automobile Dealers Association. Tesla melihat potensi dari panel surya di atap mobil. Elon Musk, kepala Tesla menyatakan jika mobil Model 3 buatan mereka juga akan memiliki atap panel surya.

 

 

Sumber: IndustryWeek.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Panasonic Tambahkan Panel Surya di Atap Mobil
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna