Augmented Reality Digunakan Untuk Monitoring Alat di Stasiun Ruang Angkasa

Sebuah proyek internasional dipimpin oleh VTT Technical Research Centre of Finland mengembangkan sebuah alat augmented reality (AR) baru untuk ESA (European Space Agency). Di masa depan, astronot akan bisa menggunakan alat itu untuk melakukan pengawasan peralatan secara real-time dan melakukan tugas-tugas perawatan alat di ruang angkasa. Tes pertama dilakukan di European Astronaut Centre, ESA berjalan dengan baik.

Proyek EdcAR (Engineering Data di cross platform AR) yang dipimpin oleh VTT itu berjalan selama dua tahun. Proyek ini mengembangkan sebuah solusi untuk tantangan-tantangan dalam perawatan dan penyediaan instruksi kerja, yang selama ini menjadi masalah selama lebih dari 10 tahun. Karena perawatan dan tugas lain di ruang angkasa bersifat penting, tugas-tugas itu harus dilakukan tanpa kesalahan di waktu yang tepat. Persiapan untuk tugas-tugas ini memerlukan latihan yang dalam, yang melibatkan mengkordinasi aktivitas berbagai ahli. Karena waktu para astronot sangat berharga, tugas-tugas dan perintah perawatan yang mereka dapatkan haruslah jelas.

Proyek ini mengembangkan sistem AR baru untuk mengembangkan kinerja para astronot dalam melakukan tugas manual. Sistem itu diharapkan mengurangi kesalahan-kesalahan, mempercepat pengerjaan tugas dan mengembangkan kejelasan instruksi dengan penggunaan teknologi AR. 

 

Sumber: Aviation Pros.

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Augmented Reality Digunakan Untuk Monitoring Alat di Stasiun Ruang Angkasa
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna