Sayap Burung Hantu Jadi Inspirasi Turbin Pesawat

Diterbitkan dalam jurnal the Institute of Physics, peneliti Bioinspiration and Biomimetic menunjukkan jika bagian sayap burung hantu bisa menjadi kunci menciptakan penerbangan tanpa suara. Mekanisme serupa bisa digunakan untuk mengembangkan mekanisme untuk menekan suara turbin sayap pesawat dan drone multi rotor juga mesin-mesin lain.

Pemimpin penelitian itu Profesor Hao Liu dari Chiba University, Jepang berkata: “Burung hantu dikenal untuk kemampuan mereka terbang tanpa suara, berkat sayap unik mereka, yang dikarakterisasikan dengan gerigi pinggiran sayap bagian depan, pinggir ujung buntut dan permukaan sayap yang serupa dengan belundru. Kami ingin memahami bagaimana hal ini mempengaruhi produksi kekuatan aerodinamika dan pengurangan suara dan apakah mereka bisa diterapkan di tempat lain.”

Mereka melakukan berbagai analisa dari sayap burung hantu. Selain itu mereka melakukan berbagai simulasi dengan model sayap burung itu. Para peneliti percaya jika model ini diterapkan pada kipas angin turbin, sayap pesawat terbang atau rotor drone, maka suara mesin bisa dikurangi.

 

 

Sumber: TheEngineer.co.uk

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Sayap Burung Hantu Jadi Inspirasi Turbin Pesawat
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna