Tesla Bangun Baterai Terbesar di Dunia

Tesla berencana membangun sistem penyimpanan baterai terbesar di dunia untuk memberikan energi listrik di rumah-rumah di Australia. September 2016, sebuah badai besar menerpa Australia Selatan. Badai itu merusak sistem listrik di wilayah itu dan menyebabkan 1,7 juta orang tanpa listrik.  Desember 2016, badai lain menyebabkan listrik di sana padam. Lalu gelombang panas membuat listrik padam lagi pada Februari 2017. Setelah berbagai kendala itu, Maret 2017 Pemerintah Australia Selatan mengumumkan rencana untuk menyiapkan sistem energi listrik yan glain. Membangun sistem penyimpanan baterai besar merupakan bagian dari ide itu.

Sekarang Tesla memperoleh kontrak untuk mewujudkan rencana ini. Mereka akan menggunakan sistem penyimpanan listrik Powerpack berskala raksasa. Bahkan proyek ini akan menciptakan fasilitas penyimpanan baterai lithium-ion terbesar di dunia, dengan kapasitas 100 Mwh dan output hingga 129 MW.

Sistem Powerpack itu akan dihubungkan dengan the Hornsdale Wind Farm di bawah konstruksi di dekat Jamestown. Sistem itu akan menyimpan energi untuk 30 ribu rumah. Harapan proyek ini adalah untuk menyediakan listrik jika terjadi pemadaman lampu.

CEO Tesla Elon Musk sendiri sempat berkata jika sistem itu berjalan maka bisa menyediakan energi untuk hari. Jika tidak demikian, maka sistemnya akan digratiskan. Proyek ini diperkirakan selesai digarap pada Desember 2017.

 

Sumber: Tesla.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Tesla Bangun Baterai Terbesar di Dunia
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna