Jenis Teknik Metal Finishing (bagian 2)

Seperti yang ditulis sebelumnya, ada delapan teknik metal finishing yang ada. Sebelumnya kita belajar empat teknik metal finishing. Sekarang kita akan belajar empat teknik lainnya.

Metal Vibratory Finishing

Mesin vibratory finishing digunakan untuk memperhalus produk dan menghilangkan pinggiran yang tajam. Mesin ini menaruh materi di dalam sebuah drum dipenuhi dengan pelet amplas dan sebuah substrate, lalu drum itu digetarkan untuk menciptakan sebuah tekstur acak yang seragam. Kecepatan putaran mesin dan besarnya getaran biasanya berbeda-beda, mengizinkan perawatan yang efektif untuk beragam bagian mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Sand Blasting

Mesin sand-blasting biasanya digunakan untuk proyek yang perlu tekstur matte yang seragam. Proses (yang juga dikenal beadblasting) memaksa pasir,  produk baja, pelet logam atau amplas lainnya ke dalam sebuah substrate dalam kecepatan tinggi. Hasilnya adalah tekstur produk yang halus, dan bersih khususnya pada logam halus.

Powder Coating

Powder coating mirip dengan proses pengecatan yang dilakukan pada barang jadi, tapi dengan keawetan yang lebih baik. Prosesnya melibatkan butiran plastik kering ke dalam logam untuk memproduksi lapisan bertekstur matte atau lapisan yang berkilauan. Sebuah mesin powder-coating bertekstur juga sangat efektif untuk menghilangkan cacat permukaan.

Hot Blackening

Mesin hot blackening menyebarkan lapisan tipis oksida hitam ke dalam permukaan sebuah produk untuk menciptakan hasil akhir hitam matte dengan resistensi berabrasi tinggi. Proses bersuhu tinggi itu dilakukan dengan memasukkan sebuah produk ke dalam serangkaian tank mengandung pembersih, kaustik, dan pendingin. Hot blackening biasanya digunakan untuk produksi bagian otomotif, senjata api dan peralatan sejenisnya.

 

 

Sumber: Thomasnet.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Jenis Teknik Metal Finishing (bagian 2)
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna