Proses Electro Nickel Plating pada Logam

Untuk memindahkan nikel ke permukaan sebuah produk dengan benar, sebuah muatan negatif harus dialirkan ke bahan dasar. Untuk melakukannya, produk itu biasanya ditempelkan kepada sebuah penyearah, baterai atau sumber daya lain lewat kabel konduktif. Begitu ditempelkan, sebuah tongkat terbuat dari nikel dihubungkan dengan cara yang sama ke sisi positif penyearah atau sumber daya.

Setelah langkah-langkah awal ini selesai, bahan dasar dicelupkan ke dalam sebuah larutan yang terdiri dari garam dengan campuran zat kimia termasuk logam electroplating. Dengan electro nickel plating, larutan itu terdiri dari air dan garam nickel chloride.

Karena ada aliran listrik di dalam larutan, garam nickel chloride berdisosiasi dengan ion chloride negatif dan nickel cat-ions positif. Muatan negatif dari bahan dasar logam lalu menarik ion nickel positif, sedangkan muatan poisitif dari tongkat nikel mengoksidasi dan larut dalam cairan itu. Dari sini, nikel yang teroksidasi ditarik ke materi dasar dan kemudian melapisi produk itu.

 

 

Sumber: thomasnet.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Proses Electro Nickel Plating pada Logam
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna