Proses Metalisasi Plastik (Bagian 1)

Sebelumnya teakh dibahas soal metalisasi plastik yaitu melapisi bagian-bagian plastik dengan logam. Ada tiga metode yang digunakan untuk melakukan metalisasi plastik yaitu vacuum metallization, arc and flame spraying dan electroless plating dan electroplating. Dalam artikel ini, kita akan belajar dua metode pertama terlebih dulu.

-Vacuum Metallization

Sebelum proses bisa dimulai, komponen plastik dicuci dan dilapisi dengan sebuah lapisan dasar jadi lapisan logam halus dan seragam. Kemudian, sebuah logam (umumnya alumunium) diuapkan di dalam sebuah ruang vakum. Uapan logam itu lalu mengental ke dalam permukaan substrate, membentuk sebuah lapisan tipis logam. Semua proses terjadi di dalam ruang vakum untuk mencegah oksidasi. Proses deposisi ini biasanya disebut deposisi uap fisik. Tergantung dari penggunaan komponen, lapisan atsas mungkin dilakukan setelah deposisi untuk meningkatkan sifat tertentu misalnya resistansi terhadap goresan. Komponen plastik yang termetalisasi yang dilapisi dengan cara ini ditemukan dalam beragam industri mulai dari otomotif hingga kertas timah.

-Arc and Flame Spraying

Dalam penyemprotan api dasar (flame spraying), sebuah alat yang digenggam tangan digunakan untuk menyemprotkan lapisan logam pada substrate. Kekuatan utama di balik deposisi untuk flame spraying adalah api pembakaran yang ditenagai oleh oksigen dan gas. Serbuk logam dipanaskan dan dilelehkan, saat api pembakaran mempercepat campuran itu dan mengeluarkannya sebagai semprotan. Proses ini memiliki tingkat deposisi yang cepat dan menciptakan lapisan yang sangat tebal. Tapi lapisan ini cenderung berpori dan kasar.

Arc spraying mirip dengan flame spraying. Tapi sumber energinya dari busur listrik. Dua kabel, dibuat dari materi berlapis logam dan membawa aliran listrik DC, disentuhkan dua ujungnya—energi yang dikeluarkan saat dua kabel itu bersentuhan memanaskan dan melelehkan kabel, sedangkan pancaran gas melelehkan logam pada permukaan substrate, menciptakan lapisan logam. Seperti flame spraying, hasil lapisan biasanya berpori.

 

 

Sumber: Thomasnet.com

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Proses Metalisasi Plastik (Bagian 1)
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna