Apa Itu Otentifikasi Biometris?

Otentifikasi biometris adalah proses verifikasi identitas pengguna yang melibatkan input biologis atau scanning atau analisis beberapa bagian tubuh. Metode otentifikasi biometris digunakan untuk melindungi berbagai sistem dari sistem logikal lewat hardware access points ke sistem fisik yang dilindungi oleh penghalang fisik seperti fasilitas keamanan dan situs penelitian terlindungi.

Para ahli keamanan seringkali membedakan otentifikasi biometris dari jenis otentifikasi lain seperti otentifikasi berbasis pengetahuan, yang melibatkan password atau informasi lainnya yang unik untuk pengguna tertentu. Jenis otentifikasi lain disebut “property-based authentication” di mana otentifikasi bergantung pada obyek yang dipegang pengguna seperti kunci atau kartu.

Otentifikasi biometris dikenal secara luas sebagai jenis otentifikasi yang paling efektif karena sangat sulit memindahkan materi biologi atau fitur-fitur fisik dari seorang pengguna ke pengguna lain. Akan tetapi, biaya dari otentifikasi biometris cukup mahal dan tidak semua organisasi mampu membelinya. Teknologi-teknologi baru membuat otentifikasi biometris lebih terjangkau untuk beragam implementasi.

Jenis otentifikasi paling umum dan berkembang adalah scanning wajah. Scanning wajah sekarang bisa dipakai untuk mengidentifikasi orang dan bisa digunakan untuk beragam jenis otentifikasi dan keamanan. Otentifikasi berbasis sidik jari juga merupakan cara yang paling umum. Beberapa otentifikasi biometris berfokus pada fitur-fitur tertentu seperti mata, sementara yang lain menggunakan model scanning tubuh yang lebih komprehensif.

 

 

Sumber: techopedia.

 

Anda disini: Home Media Publik Sains dan Edukasi Apa Itu Otentifikasi Biometris?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna