PT GMF Aero Asia

PT GMF Aero AsiaPT. Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia merupakan anak perusahaan PT Garuda Indonesia, salah satu perusahaan penerbangan milik pemerintah Republik Indonesia. GMF Aero Asia didirikan untuk menjadi salah satu aircraft maintenance solutions provider terbaik di dunia, yang memiliki reputasi dalam quality, reliability, on-time delivery and affordability.

GMF Aero Asia telah melayani PT Garuda Indonesia dan perusahaan penerbangan yang lain selama 50 tahun. GMF juga mengembangkan kemampuan, pengalaman dan dikenal baik mempunyai track-record kehandalan yang bagus. GMF juga selalu melakukan restrukturisasi supaya lebih efisien dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya.

Lokasi kantor pusat ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, GMF Aero Asia beroperasi di lahan seluas 115 Ha, membuatnya dikenal menjadi salah satu perusahaan yang menjalankan service maintenance facilities terbesar di Asia. Dengan dukungan lebih dari 2500 teknisi profesional yang handal dan berpengalaman dilengkapi dengan peralatan yang canggih, GMF Aero Asia mampu mengakomodasi kebutuhan berbagai macam jenis pesawat yang digunakan dalam industri penerbangan.


Sejarah Singkat

Hangar Depan PT GMF Aero AsiaTahun 1949, pemerintah Indonesia mendirikan Garuda Indonesia, sebuah perusahaan jasa pelayanan angkutan udara yang ditujukan sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata nasional. Dalam perkembangannya, Garuda Indonesia memahami bahwa ketepatan waktu, keandalan dan kenyamanan adalah kunci sukses untuk mengoptimalkan peranan dan kontribusinya.

Untuk itulah, Garuda Maintenance Facilities Support Center didirikan pada tahun 1984. Perkembangan fasilitas perawatan ini secara keseluruhan didanai oleh pemerintah Indonesia. Jumlah investasi yang dikeluarkan dalam 7 tahun pertama mencapai 200 juta dolar dan 63%-nya dikeluarkan untuk mengimpor mesin-mesin dan peralatan berteknologi tinggi.

Dalam usaha mendongkrak kemampuannya, Garuda Maintenance Facilities Support Center bertansformasi menjadi Strategic Business Unit dengan nama GMF, Garuda Maintenance Facilities, pada tahun 1996 dengan mulai melayani tiga operator transportasi udara. Dengan status baru ini GMF memiliki manajemen sendiri namun masih tetap berada dibawah garis pertanggungjawaban PT Garuda Indonesia.

Lepas dari PT Garuda Indonesia pada Agustus 2002 memberikan fleksibilitas yang lebih bagi GMF. Dengan identitas baru, GMF Aero Asia berkembang menjadi salah satu fasilitas perawatan, repair dan overhaul pesawat terbaik dan terbesar di dunia.

 
Visi

Menciptakan perawatan yang mencakup repair dan overhaul yang kompetitif dalam hal kualitas, biaya, pengiriman dan pelayanan.

Misi

  1. Product (Hasil usaha)
    Menjaga kemampuan perawatan pesawat, mesin pesawat dan komponennya agar tetap mampu bersaing dalam hal kualitas, biaya, pengiriman dan service serta pengkalibrasian suatu komponen pesawat.
  2. Business (Usaha)
    Meningkatkan pendapatan dan keuntungan.
  3. Human resources (sumber daya manusia)
    Menjadikan sumber daya manusia yang profesional dalam industri penerbangan.


Untuk mengenal lingkup kerja PT. GMF Aero Asia dapat diuraikan sebagai berikut:

Hangar

Hangar adalah suatu ruangan yang diperuntukan sebagai tempat penyimpanan pesawat agar tidak terkena cuaca yang ekstrim yang dapat merusak pesawat tersebut. Dalam wilayah GMF terdapat 3 hangar yaitu:

  • Hangar 1
    Hangar ini diselesaikan pada tahun 1991 dan digunakan untuk heavy maintenance pesawat BOEING 747-200 dan BOEING 747-400. Hanggar ini mempunyai luas 21540 m2 . Peralatan-peralatannya meliputi purpose-built scaffol.

  • Hangar 2
    Hangar ini dipergunakan untuk perawatan ringan semua tipe pesawat, hangar ini mempunyai luas 22.500 m2.

  • Hangar 3
    Hangar ini dipergunakan untuk heavy mentenance pesawat Boeing 737-200, 300, 400, 500, 600, 700, 800NG, 900ER Airbus 320-200, Mcdonald Douglas 80. Hangar ini mempunyai luas area 22.500 m2.

    Semua Hangar dilengkapi dengan:
    - Sistem alarm dan pemadam kebakaran.
    - Suplai listrik 400Hz.
    - Penerangan Hangar.
    - Overhead crane (hanya di hangar 3).
    - Aircraft docking.
    - Regulated air pressure.
    - Aircraft tools and equipment.
    - Stock rendition office areas.

Hanggar PT GMF Aero Asia


Engine Shop

Pengoperasian pertama kali pada tahun 1994, diperuntuhkan untuk overhaul engine SPEY, JT8D, JT9D-7Q, CF680C2, APU dan CFM 56-3B1.

Engine Test Cell

Bangunan ini dipergunakan untuk pengetesan seluruh engine pesawat termasuk APU sampai mencapai 450 KN (100.000 lb) trust, yang diselesaikan pada tahun 1989. Peralatannya meliputi system control untuk semua tipe engine dan APU. Engine-engine yang telah diuji pada engine Test Cell, antara lain SPEY MK555-15H, CF6-80C2, CMF56-3B1, JT8D-9D, JT9D-59/7Q, GTCP36-4A, GTC85-98D dan GTCP-700.

Spesial Store

Bangunan ini mempunyai luas 2.268 m2.


Work Shop Building

  1. Work Shop 1

    Bangunan ini mempunyai luas 10.785 m2 dan digunakan untuk reparasi dan overhaul dari berbagai macam komponen besar, terdapat juga sheet-metal work shop yang mempunyai kemampuan untuk memperbaiki dan melakukan overhaul untuk komponen boeing 747, DC-10, A-300,DC-9, F-28, Boeing 737 dan juga control penerbangan, radar domesgalleys, engine pylons, cowling dan trust reverse doors dan balancing flight surface. Pada workshop ini terdapat pula areal untuk service dan overhaul brakes, tires, undercarriage, upholstery, sheet, carpet cutting dan panel seperti terdapat pada paint shop, bagian pusat perbaikan dan cleaning area. Selain itu juga mampu membuat Flight Control Cable dan Aircraft Tubing yang membantu menahan panas pada aircraft skin dan composite bounding. Machine Shop pada Work Shop ini memiliki peralatan komputer yang dioperasikan secara horizontal, milling turn table, dua buah horizontal turning latches, grinding for rotary surface, tool and cutter universal & internalgriding, radial, coulomb and bench drilling machine, machine for universal milling, sharping hydraulic pressing, production cut off, metal cutting band sawing, hack sewing, engrawing and pantograph, surface plate and stand, pedestal grinder and vices.

  2. Work Shop 2

    Bangunan ini mempunyai luas 11.814 m2, digunakan untuk melayani peralatan komunikasi, navigasi, dan elektronik. Instrument Elektronik Radio dan Avionic (IERA) Shop mencakup reparasi overhaul dan pengetesan instrument penerbang, gyros, peralatan navigasi dan komunikasi, radar cuaca dan autopilot untuk bermacam-macam tipe pesawat termasuk yang dipasang dengan modern digital avionic pada pesawat A-300, BOEING 747, DC-10, dan lain-lain.

    Pada Work shop ini juga dilengkapi dengan peralatan test otomatis yang disebut ATEC 5000 dan IRIS 2000 yang merupakan unit pengetesan komputer. Work Shop ini juga memiliki Electrical Mechanical and Oxygen (ELMO) Shop untuk pengetesan pneumatic dan Hydraulic, Fuel Flow, Pompa tekanan bahan baker dan oli. Peralatan pengetesan mencakup CDS test stand, Engine Fuel Component, Mesin pengetesan hydraulic, Overhoul Komponen Elektrik, Peralatan Oksigen, Life rats dan emergency slide and rats.

    Seluruh Work Shop dilengkapi dengan:
    - Suplay listrik 400HZ dan 50 HZ
    - Uninterrupted Power Supply Systems for Computers and highly sensitive Equipment
    - Crane/ Hoist system (hanya di engine Shop)
    - Regulation air pressure
    - Air Conditioning
    - Stock Rooms Ground Support Equipment (GSE) Centre

Gedung GSE terletak bersebelahan dengan engine shop yang berfungsi menyiapkan Ground Equipment dalam keadaan siap pakai untuk mendukung kelancaran operasional pesawat terbang saat berada di darat. Kegiatannya meliputi pemeriksaan dan penggantian part-part yang rusak, perbaikan equipment dan overhaul engine. Bangunan ini mempunyai luas 5.832 m2.


Maintenance Facility PT GMF Aero Asia


Apron Area

Bangunan ini mempunyai luas 318.000 m2 dan mampu menampung kurang lebih 50 pesawat semua tipe.


Utility Building

Fasilitas ini merupakan pusat kelistrikan yang memuat peralatan utama yang diperlukan sebagai electric power source seperti generator dan transformator. Bangunan ini mempunyai luas area 1.215 m2.


Material Department

Bangunan ini mempunyai luas area 972 m2.


Surrounding Property

Surrounding property ini mempunyai luas area 140.000 m2.


General Storage

Merupakan tempat penyimpanan suku cadang.


Cover Storage

Merupakan tempat parkir kendaraan-kendaraaan GSE.


Industrial Waste Treatment

Merupakan bangunan khusus yang digunakan untuk menampung limbah yang berasal dari seluruh fasilitas.


Office

Merupakan pusat kegiatan administrasi perusahaan PT. GMF Aero Asia.


Environment

Merupakan lahan penunjang bagi gedung-gedung maupun fasilitas lain yang terdapat di PT. GMF Aero Asia.

 

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi PT GMF Aero Asia
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna