Mengenal Teknologi 3D Printing

Anda pasti pernah mendengar tentang printer 3D dan 3D printing.  Teknologi ini mulai digunakan di berbagai industri. Misalnya dalam dunia medis, para spesialis mulai menggunakan 3D printing dalam cara-cara yang canggih. Para pasien di seluruh dunia mengalami kualitas layanan yang meningkat dengan teknologi ini. Mereka bisa memperoleh implan dan prostetik yang dicetak dengan teknologi 3D printing. Lantas bagaimana proses penggunaan 3D printing?

Penciptaan obyek yang dicetak dengan teknologi 3D printing (cetak tiga dimensi) dilakukan dengan menggunakan proses aditif. Dalam proses aditif, sebuah obyek diciptakan dengan menumpuk beberapa lapisan materi hingga membentuk obyek yang ingin kita cetak. Setiap lapisan ditumpuk dalam bentuk potongan horizontal hingga membentuk obyek dalam tiga dimensi.

Pertama, kita harus membuat desain virtual dari obyek yang kita ingin cetak. Desain virtual ini berupa file CAD (Computer Aided Design). Untuk membuat file CAD, kita menggunakan aplikasi 3D modeling atau dengan 3D scanner (untuk menyalin bentuk obyek asli yang sudah ada). Scanner 3D bisa membuat salinan digital 3D untuk sebuah obyek.

Setelah itu, kita akan melakukan proses slicing atau pengirisan. Slicing adalah membagi model 3D ke dalam ratusan atau ribuan lapisan horizontal. Proses ini perlu dilakukan dengan software. Kadang-kadang file 3D model itu bisa diiris dengan aplikasi software 3D modeling. Kadang-kadang printer 3D tertentu juga menyediakan aplikasi slicing ini yang harus digunakan.

Setelah proses slicing selesai, Anda siap memasukkannya ke dalam printer 3D. Hal ini dilakukan menggunakan USB, kartu SD atau WiFi. Tentunya hal itu tergantung dari brand dan jenis printer 3D yang Anda miliki. File model 3D yang sudah diiris itu diunggah ke dalam printer 3D. Begitu proses pengunggahan selesai, file itu siap dicetak. Printer 3D akan membaca setiap irisan (gambar 2D) dan menciptakan obyek tiga dimensi.

 

Sumber: 3dprinting.com

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Mengenal Teknologi 3D Printing
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna