Tato Kelak Bisa Lacak Kesehatan Tubuh

Seni tubuh mungkin lebih diterima sekarang dibandingkan dulu kala, tapi tetap ada stigma di kalangan masyarakat. Tapi hal ini kelak mungkin berubah dengan tinta tato baru ini yang berubah warna sesuai kesehatan tubuh.

Para peneliti dari MIT dan Harvard Medical School bekerja sama menciptakan DermalAbyss. DermalAbyss adalah sebuah proyek untuk mengganti tinta tato tradisional dengan sensor bio yang merespon pH, sodium dan tingkat gula darah dengan mengubah warna. Ini adalah usaha kedua MIT menciptakan tato pintar.

“Ini adalah demonstrasi pertama berdasarkan sensor berbasis tato,” kata peneliti Harvard Medical School Ali Yetisen kepada CNET.  “Kami ingin mendesain sebuah sistem yang bisa mengatasi tantangan kesehatan dengan sistem wearable,” tambahnya.

Contoh penggunaan tato ini adalah jika gula darah lebih tinggi, maka warna tato berubah dari biru  menjadi coklat. Dehidrasi, mengubah warna tato dengan warna hijau tua. Sementara perubahan tingkat alkalin mengubah warna dari ungu menjadi pink.

Untuk saat ini, mereka belum berencana mengembangkan DermalAbyss menjadi sebuah produk resmi. Mereka berharap jika proyek ini akan mengumpulkan dukungan masyarakat terhadap bioteknologi.

Sumber: CNET.

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Tato Kelak Bisa Lacak Kesehatan Tubuh
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna