Peneliti Temukan Cara Pakai Biodiesel di Mesin Diesel Biasa

Biodiesel adalah bahan bakar yang dibuat dari tanaman. Biasanya digunakan sebagai alternatif yang ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar berbasis fosil seperti bensin,solar dan lain-lain. Di Uni Eropa, diesel komersial biasanya mengandung 7 persen biodiesel. Karena biodiesel perlu mesin khusus karena perlu suhu berbeda dari bahan bakar fosil untuk digunakan.

Sekarang, para peneliti di Jerman menemukan cara supaya biodiesel bisa mendidih sesuai standard EN 590, yang dipakai dalam mesin diesel biasa. Lukas Gooßen, seorang profesor kimia organis dari the Ruhr-Universität Bochum yang memimpin penelitian itu berkata jika ide ini muncul dalam sebuah perjalanan ke sebuah pabrik biodiesel di Rwanda beberapa tahun lalu. Saat itu, hanya ada sebuah bus yang diubah supaya bisa memakai biodiesel karena kekurangan dana.

“Jika Anda menggunakan bahan bakar bio, Anda perlu infrastruktur yang ada untuk digunakan. Segala sesuatu yang lain akan menjadi tidak terjangkau bagi sebagian besar negara dan masyarakat. Hal ini bisa menjadi titik awal,” ujarnya.

Alasan biodiesel biasa tidak biasa dipakai untuk mesin diesel standar adalah karena 95 persen molekulnya memiliki panjang yang sama. Oleh karena itu, molekul itu mendidih dalam suhu yang sama. Sementara petrodiesel dibuat dari campuran hydrocarbon yang panjangnya berbeda. Oleh karena itu bahan bakar itu mendidih dalam suhu berbeda. Kebanyakan mobil modern dirancang dengan titik mendidih berbeda ini.

Ada sebuah proses yang sudah ada saat ini untuk mengubah minyak tanaman ini supaya bisa digunakan dalam mesin diesel biasa. Tapi  Gooßen dan rekan-rekannya memutuskan menemukan sebuah cara lain yang perlu energi sangat kecil.

 

Sumber: LiveScience

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Peneliti Temukan Cara Pakai Biodiesel di Mesin Diesel Biasa
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna