Matahari Ternyata Punya Kembaran Jahat?

Para ahli sudah lama menduga jika matahari memiliki kembaran jahat bernama “Nemesis”, sebuah bintang kerdil yang melempar obyek-obyek di luar sistem tata surya ke arah Bumi. Para ahli bahkan percaya jika kembaran matahari yang hilang itu melempar sebuah asteroid ke orbit Bumi. Asteroid itu lantas bertabrakan dengan planet kita dan membunuh para dinosaurus.

Sekarang untuk pertama kalinya, para ilmuwan menemukan bukti jika Nemesis mungkin pernah ada. Hal ini terungkap setelah mereka menemukan jika semua bintang lahir berpasangan. Para peneliti dari University of California Berkeley itu berkata jika mereka yakin jika bintang-bintang lahir dengan saudara.

Banyak bintang memiliki saudara, termasuk bintang di dekat sistem tata surya kita, Alpha Centauri. Alpha malah memiliki dua saudara. Para ahli astronomi sejak lama mempercayai keberadaan sistem bintang kembar atau  kembar tiga.

Untuk membuktikan hal ini, mereka membentuk model matematika untuk mengamati bintang-bintang. Salah satunya bintang yang baru dibentuk di tata surya Perseus.  Berdasarkan kesimpulan mereka, saudara kembar matahari mungkin terlepas dan bercampur dengan bintang-bintang lain di wilayah galaksi Bima Sakti dan tidak pernah terlihat lagi.

 

Sumber: DailyMail.

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Matahari Ternyata Punya Kembaran Jahat?
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna