Polusi Udara Bisa Turunkan Efisiensi Panel Surya

Pengumpulan tenaga surya sebagai energi listrik rupanya menghadapi banyak kendala. Sekarang para peneliti menemukan kendala baru: polusi udara. Di beberapa bagian dunia, polusi udara bisa menurunkan produksi energi dari panel tenaga surya hingga 25 persen.

Penemuan ini diterbitkan dalam jurnal Enviromental Science & Technology Letters. Dalam penelitian terungkap jika beberapa wilayah di dunia lebih rawan terhadap tantangan ini. Padahal wilayah-wilayah itu memiliki investasi besar terhadap penggunaan tenaga surya untuk energi yang lebih bersih. Wilayah itu meliputi Cina, India dan Semenanjung Arab.

Penelitian berawal saat para rekan Michael Bergin dari India menunjukkan foto-foto panel tenaga surya yang mereka miliki. Michael adalah profesor teknik sipil dan lingkungan di Duke University. Dia terkejut dengan betapa kotornya panel-panel itu dan berpikir jika hal ini mempengaruhi efisiensi pengumpulan tenaga surya. Jadi mereka mulai meneliti seberapa besar penurunan efisiensi panel tenaga surya karena polusi udara.

 

Sumber: Live Science

 

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Polusi Udara Bisa Turunkan Efisiensi Panel Surya
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna