Peneliti Ajari Komputer Baca Bahasa Tubuh Manusia

Para peneliti dari Carnegie Mellon University mengembangkan sebuah sistem komputer yang mampu mengenali pose-pose tubuh dan gerakan beberapa orang secara real time. Sistem ini juga mengenali ekspresi wajah atau pose jari seseorang.

“Teknologi ini memiliki potensi untuk membuka kunci berbagai cara baru bagi kita untuk berinteraksi dengan mesin, bermain game, bermain alat musik atau memproduksi konten,” kata Yaser Sheikh, associate professor of robotics di Carnegie Mellon.

“Sistem ini akan menolong kita mendiagnosa dan merawat beberapa kondisi perilaku seperti autisme, depresi dan dileksia. Sistem itu memiliki kemampuan untuk menciptakan sistem monitoring baru untuk terapi fisik dan rehabilitasi. Sistem itu memiliki kemampuan untuk membangun sistem yang lebih aman, seperti mobil otomatis tanpa sopir dan rumah robotik,” tambahnya.

Sistem ini dikembangkan dengan bantuan dome dua lantai yang dilengkapi dengan 500 kamera video disebut Panoptic Studio. Tapi teknologi ini bisa digunakan oleh siapapun dengan satu kamera dan sebuah laptop. Teknologi itu bisa digunakan untuk beragam tugas misalnya mengawasi setiap anggota tim olahraga selama pertandingan. Atau membangun teknologi mobil tanpa sopir.

Tim peneliti membuka sistem mereka sebagai open source di Github. Siapa saja yang ingin memanfaatkan sistem ini bisa memperoleh source code sistem itu. Sistem tim ini sudah digunakan oleh berbagai kelompok peneliti mulai dari peneliti komersial dan non komersial.

 

 

Sumber: Digital Trends.

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Peneliti Ajari Komputer Baca Bahasa Tubuh Manusia
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna