Peneliti Cetak Jantung Buatan Seperti Asli

Tim peneliti dari ETH, dipimpin oleh mahasiswa kedokteran Nicholas Cohrs berhasil menciptakan jantung buatan yang terbuat dari materi yang fleksibel dan lembut. Jantung ini dibuat dengan metode cetak 3D.

Saat diuji coba, jantung ini bekerja dengan cukup baik, memompa cairan seperti darah dalam tekanan seperti tekanan yang dialami jantung dari tubuh. Tapi jantung ini hanyalah sebuah uji coba dan tidak digunakan untuk implantasi sebenarnya. Materi yang digunakan tidak bertahan lebih dari beberapa ribu detak. Dengan kata lain jantung itu hanya berhasil bertahan selama setengah jam. Para peneliti tentunya berencana mencari materi yang tahan lama. 

Tapi jantung buatan ini merupakan sebuah kemajuan. Sebelumnya para ahli kesulitan menciptakan jantung buatan terutama dari materi plastik dan logam. Karena kedua materi itu tidak bisa bersatu dengan jaringan. Selain itu bisa merusak darah karena gerakan jantung buatan yang tidak alami.

“Sebagai teknisi mekanis, saya tidak akan pernah berpikir jika saya akan memegang jantung lembut di tangan saya. Saya sekarang sangat takjub dengan penelitian ini sehingga saya ingin terus mengembangkan jantung buatan,” kata Anastasios Petrou yang memimpin uji coba. Hasil penelitian  ini diterbitkan minggu ini di jurnal Artificial Organs.

 

Sumber: Techcrunch.

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Peneliti Cetak Jantung Buatan Seperti Asli
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna