Keramik Suhu Tinggi Wujudkan Ide Penerbangan Hipersonik

Tim peneliti dari Cina dan Inggris mengembangkan sebuah materi keramik baru. Bahan ini diharapkan membantu mewujudkan konsep perjalanan udara hipersonik. Lapisan keramik karbide bisa bertahan dengan suhu panas yang muncul bila pesawat terbang lima kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Ide penerbangan hipersonik dalam dunia aerospace engineering sudah lama ada. Tapi membangun pesawat atau misil yang bisa mencapai kecepatan di atas Mach 5 (6.125 km/ jam) memerlukan materi baru. Hal ini karena dampak udara dari kecepatan seperti itu menghasilkan suhu setinggi 3000 derajat celcius.

Sekalipun ujung pesawat, hidung pesawat, baling-baling turbin dan komponen lain tidak meleleh, tapi karena oksidasi dan ablasi maka bagian-bagian pesawat itu akan mengalami degradasi. Bagian-bagian logam pesawat terutama di bagian permukaan akan menguap sehingga lebih lemah dan rawan rusak.

Tim peneliti dari the University of Manchester and Central South University di Cina berusaha menciptakan keramik kelas baru bersuhu ultra tinggi (UHTCs). Keramik ini lebih tahan terhadap oksidasi dan ablasi sehingga lebih kuat dan awet. Keramik baru itu dibuat oleh the Powder Metallurgy Institute di Central South University dan dinilai di Manchester.

 

 

Sumber: Manchester.ac.uk

Anda disini: Home Media Publik Serba-serbi Keramik Suhu Tinggi Wujudkan Ide Penerbangan Hipersonik
STP Homepage

Kawasan Solo Technopark (STP) secara resmi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Layanan Pengguna